Mind

Q&A : Mengatasi Kesepian Paska Perceraian

By  | 

Q : Sejak bercerai dengan suami saya, enam bulan lalu, saya sering merasa kesepian meskipun hak asuh ada di tangan saya. Biasanya saya kesepian saat Rian, anak saya, harus tinggal di rumah ayahnya, mantan suami saya, setiap akhir pekan. Apa yang sebaiknya saya lakukan untuk menghalau kesepian ini?

Nuri, 32 tahun, mama dari Rian, 4 tahun

A : Elizabeth Scott, M.S., seorang stress management expert dari The American Institute of Stress, menyarankan Anda untuk melakukan beberapa hal, misalnya :

1.Ikut kelas tertentu. Apa hobi Anda? Olahraga, memasak, atau melukis? Daftarkan diri Anda ke kelas gym, kelas yoga, atau kursus apapun yang menjadi kesukaan Anda. Menyalurkan hobi sambil bertemu teman baru bisa membuat Anda melupakan kesedihan dan kesepian Anda.

2.Memelihara binatang. Anjing dan kucing adalah hewan peliharaan yang bisa mengobati kesepian hati Anda. Jika sebelumnya belum pernah memelihara binatang, tak ada salahnya Anda coba untuk menjadikan binatang lucu ini sebagai sahabat baru Anda.

3. Menjadi sukarelawan. Melakukan sesuatu yang belum pernah Anda coba akan memberikan rasa bahagia tersendiri, lho. Menjadi sukarelawan dalam sebuah acara sosial atau mengajar anak-anak kurang mampu bisa membantu Anda melupakan perceraian dan perlahan-lahan kekosongan di hati Anda pun terisi. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares