Pleasure

Tip Mudik Bersama Keluarga Besar

By  | 

Hari raya Idul Fitri segera tiba. Dan seperti biasa, tradisi mudik Lebaran seolah tak bisa lepas dari keluarga Indonesia. Apakah Anda termasuk juga orang yang rutin mudik bersama keluarga besar? Jika belum pernah, mungkin Anda harus mencobanya tahun ini. Berikut beberapa tip untuk Anda yang mudik bersama keluarga besar.

  • Saat mudik tiba, Anda terpikir menyewa bus atau ingin konvoi dengan beberapa mobil? Semuanya bisa Anda lakukan Mams. Coba hitung terlebih dahulu budget dan kenyamanannya. Jika naik bus lebih nyaman dan lebih seru karena seluruh keluarga berkumpul bersama, kenapa tidak Anda coba?
  • Untuk urusan penginapan, akan lebih seru jika Anda dan keluarga besar menginap dalam sebuah rumah. Anda bisa cari rumah yang memiliki banyak kamar yang disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Ini tentu akan membuat budget Anda lebih murah karena Anda bisa patungan biaya.
  • Saat hari H, siapkan fisik karena biasanya akan menempuh perjalanan panjang menuju kota tujuan. Ditambah lagi Anda akan mendapati semua ruas jalan terkena kemacetan. Pastikan Anda membawa obat-obatan seperlunya untuk berjaga-jaga.
  • Saat mudik, bukan tidak mungkin Anda harus mencari alternatif jalan lain untuk menghindari kemacetan parah. Oleh karena itu, peta atau petunjuk arah lainnya wajib dimiliki. Anda bisa mengunduh beberapa aplikasi yang memudahkan pemudik. Dan, pastikan, Anda telah mengisi pulsa dan mengaktifkan paket internet untuk mengakses layanan tersebut. Siapkan juga charger mobil atau power bank yang pasti akan dibutuhkan jika baterai sudah menipis.
  • Siapkan makanan dan minuman di dalam mobil. Jika mudik bersama balita, sediakan camilannya favoritnya seperti, biskuit, roti, air mineral, dan lainnya.
  • Bawalah uang tunai secukupnya, karena bisa digunakan untuk keperluan mendadak seperti membeli bensin, camilan, dan lainnya. (Yosi Avianti/LD/Photo : Istockphoto.com)

Shares