Health

6 Makanan ‘Lezat’ Pembantu Diet Mama

By  | 

Makanan diet identik dengan sesuatu yang ‘tidak enak’, seperti segala sesuatu yang direbus, makanan yang minim gula atau garam, serta makanan yang tidak digoreng. Tapi tahukah Mamas bahwa ternyata ada beberapa jenis makanan yang rasanya tetap lezat namun bisa membantu diet Anda. Hmmm…penasaran ya? Simak!

  1. Kacang-kacangan. Murah namun bermanfaat dan merupakan sumber protein yang baik. Kacang-kacangan juga memiliki kandungan serat dan mudah untuk dicerna. Ini artinya, Anda akan kenyang lebih lama sehingga mengurangi ‘jatah’ ngemil.
  2. Sup. Awali hari dengan semangkuk sup, dan setelah itu Anda akan makan dalam jumlah sedikit pada siang dan malam hari. Pilih aneka sayur mayur seperti kentang, wortel, buncis, dan brokoli sebagai ‘isian wajib’ dalam sup Anda. Sayur-sayuran ini bukan hanya mengenyangkan tapi juga bergizi.
  3. Dark chocolate. Cokelat dengan kandungan cocoa hingga lebih dari 70 persen memiliki efek menyenangkan yang lebih lama dibandingkan cokelat susu. Dalam sebuah penelitian, tiga jam setelah makan cokelat, para pencinta dark chocolate memakan 15% pizza lebih sedikit dibandingkan mereka yang mengonsumsi milk chocolate.
  4. Sayuran yang tersembunyi. Cara ini sebetulnya sudah lazim untuk dilakukan. Ketika Anda mengonsumsi makanan yang tinggi kalori seperti mac and cheese, misalnya, tambahkan banyak sayur seperti kembang kol dan mentimun. Trik ini membuat Anda bisa mengurangi kalori yang masuk ke tubuh Anda sebanyak 200-350, lumayan, kan?
  5. Apel. Ingat ya, Mam, ini bukan jus apel. Anda harus mengonsumsi buah apel yang memiliki kandungan serat tinggi. Selain itu, mengunyah sesuatu bisa memberikan sinyal ke otak Anda bahwa Anda memang sudah makan sesuatu.
  6. Jeruk Bali. Anda beruntung, Mam, karena buah satu ini mudah ditemukan di Indonesia. Buah bercitarasa segar ini selain mampu membantu menurunkan berat badan, juga baik untuk Anda yang berisiko diabetes. Penelitian yang dilakukan Scripps Clinic di San Diego menemukan bahwa orang yang kelebihan berat badan (obesitas) mengonsumsi setengah buah jeruk bali setiap hari sebelum makan selama 12 minggu, bobotnya berkurang sekitar 2 kg.

Bagaimana, Mamas? Adakah 1 dari 6 jenis makanan ini yang merupakan makanan favorit Anda? Selamat berdiet tanpa ‘tersiksa’ ya! (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares