Parenting

Cara Mengatasi Sibling Rivalry

By  | 

Berapa jumlah buah hati yang Anda miliki, Mamas? Bila anak Anda lebih dari satu, Anda harus siap menghadapi sibling rivalry alias persaingan antar saudara kandung dalam keluarga, dan ini hal yang lumrah. Namun apabila mereka bertengkar terus menerus atau terjadi bullying, hal ini jelas tidak wajar. Agar sibling rivalry antara anak-anak Anda berada di koridor yang normal, lakukan hal ini.

Sama-sama Bertanggung Jawab

Umumnya pertengkaran antar saudara kandung terjadi karena kedua belah pihak sama-sama tidak mau mengalah. Oleh karena itu, beri hukuman yang sama pada keduanya. Misalnya, Anda bisa saja menerapkan aturan apabila terjadi keributan antar keduanya, mereka sama- sama harus membersihkan rumah atau mendapat pengurangan jam bermain.

Stop Bandingkan Anak

Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi tidak perlu diperbandingkan ya, Mam. Membandingkan anak justru akan membuat sibling rivalry semakin melebar dan bukan tidak mungkin berlanjut hingga mereka dewasa. Kenali masing-masing anak dan hargai perbedaan mereka.

Sediakan Waktu Eksklusif untuk Tiap Anak

Sesekali Anda dan pasangan harus menyediakan waktu untuk masing-masing anak, misalnya hari ini mengajak Si Kakak nonton di bioskop, besoknya ajak Si Adik bermain di playground kesukaannya. Hal ini akan membuat keduanya merasa memiliki Anda dan pasangan sebagai orangtua, sehingga mereduksi kecemburuan.

Tidak Perlu Ikut Campur

Selama keributan antar anak Anda masih dalam tahap normal, biarkan mereka menyelesaikan permasalahan sendiri, tanpa campur tangan Anda dan pasangan. Campur tangan Anda berdua hanya akan memperkeruh suasana yang akhirnya salah satu anak merasa diperlakukan tidak adil.

Saling Bergantung

Saling ketergantungan akan mengurangi sibling rivalry. Anda bisa meminta Si Kakak untuk mengajari adiknya sesuatu yang ia belum tahu. Hal ini akan membangun ikatan antar saudara, Si Adik merasa bisa bertanya apapun pada kakaknya. Di sisi lain, Si Kakak merasa dirinya berguna untuk adiknya.  (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares