Mind

5 Tip Nyaman Tinggal Seatap dengan Orangtua

By  | 

Idealnya, setelah menikah pasangan suami istri tinggal sendiri dan membentuk keluarga baru, namun terkadang keadaan memaksa Anda untuk tetap tinggal serumah dengan orangtua. Lalu bagaimana agar Anda dan keluarga kecil Anda tetap nyaman dan harmonis tinggal seatap dengan orangtua? Simak tip Smart Mama berikut.

  • Uang bulanan. Tinggal bersama orangtua bukan berarti Anda dan suami terbebas dari tanggung jawab biaya operasional rumah tangga, lho. Meskipun orangtua Anda tergolong mampu, setiap bulan, sisihkan penghasilan Anda berdua untuk membantu membayar biaya rumah tangga.
  • Belanja keluarga. Setelah berkeluarga, sebaiknya Anda berbelanja keperluan keluarga kecil Anda sendiri. Bila perlu, justru Anda yang membelikan sebagian keperluan orangtua.
  • Argumen di luar rumah. Hindari berdebat dengan suami di dalam rumah, apalagi dengan suara keras yang mengakibatkan orangtua Anda tak nyaman dan memicu ikut campur dalam urusan rumah tangga Anda.
  • Hindari bercerita tentang keburukan suami. Kenyamanan suami adalah kenyamanan Anda juga. Ingat ya Mamas, jangan sampai suami Anda merasa tak nyaman tinggal seatap dengan orangtua Anda hanya karena Anda seringkali mengeluh seputar keburukannya. Keep your relationship private, Mamas!
  • Komunikasikan pola pendidikan anak. Agar pola pengasuhan Si Kecil konsisten, sebaiknya Anda komunikasikan sejelas mungkin pola pendidikan seperti apa yang ingin Anda terapkan untuk anak kepada orangtua, sehingga orangtua Anda mengikuti pola tersebut.

(Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares