Pleasure

5 Tip Traveling Nyaman untuk Calon Mama

By  | 

Mulai minggu depan, arus mudik dalam rangka menyambut Lebaran sepertinya akan mulai terasa ya, Mamas. Apakah Anda juga sudah berencana menghabiskan liburan Idul Fitri bersama keluarga besar di kampung halaman namun ragu karena tengah berbadan dua? Hmmm…Smart Mama mengerti kekhawatiran Anda, dan akan memberikan tip traveling aman dan nyaman untuk para calon mama.

  1. Konsultasi dengan dokter kandungan

Apapun pilihan alat transportasi yang akan Anda gunakan, baik itu kereta api, mobil, pesawat, atapun kapal laut, pastikan bahwa Anda sudah berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda sebelumnya. Selama kandungan Anda dinyatakan sehat, maka dokter akan memberikan ‘surat izin mudik’ untuk Anda.

  1. Bawa catatan medis Anda

Selain vitamin kehamilan dan obat-obat pribadi yang memang harus Anda bawa, jangan lupa masukkan buku catatan medis kehamilan Anda dalam tas jinjing Anda. Bila Anda juga memiliki asuransi kesehatan, selipkan dalam buku rekap medis Anda untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu Anda harus ke rumah sakit.

  1. Konsumsi makanan sehat dan perbanyak minum air putih

Bila Anda mudik dengan angkutan umum baik lewat darat, air, maupun udara, Anda tidak bisa menjamin kebersihan makanan yang disajikan. Lantaran tengah hamil, Anda tak boleh sembarangan makan ya, Mam, agar terhindar dari sembelit atau malah diare. Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda membawa bekal cukup yang sudah pasti sehat, selama di perjalanan. Anda bisa membawa pisang, pir, apel, oatmeal, roti gandum, atau sedikit cokelat sebagai camilan mengenyangkan. Yang harus selalu Anda penuhi juga adalah konsumsi air putih minimal 2 liter per hari agar tubuh Anda selalu terhidrasi.

  1. Stretch It Out

Duduk dalam waktu yang terlalu lama, khususnya dengan kaki yang menggantung, tidak disarankan untuk ibu hamil karena dapat membuat kaki membengkak. Oleh karena itu, tak ada salahnya, Anda berdiri dan melakukan peregangan sejenak pada kaki Anda. Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi, menepilah sebentar untuk sekadar berjalan-jalan selama 5-10 menit. Bila Anda menumpang kereta api atau kapal laut, Anda bisa berjalan di sekitar lorong kereta atau dek kapal sambil mencari udara segar.

  1. Kenakan pakaian senyaman mungkin

Ini merupakan tip termudah namun juga terpenting untuk Anda lakukan. Ke mana pun tujuan traveling Anda, selalu kenakan busana yang super nyaman untuk ibu hamil. Anda bisa pilih atasan berbahan kaus dipadu legging berbahan katun yang tipis dan ringan. Pakai sepatu atau sandal berhak datar bermodel slip on. Hindari alas kaki dengan detail tali atau ikat yang menyulitkan Anda saat harus membuka atau memakainya kembali.

So…sudah siap untuk mudik, Mam? Happy holiday ya! (Lenny Delima/ Photo : Istockphoto.com)

Shares