Health

Ingin Berhenti Merokok? Coba 5 Tip Berikut

By  | 

Semua orang tahu bahwa merokok tak baik untuk kesehatan. Dan bila sudah kecanduan, sulit untuk berhenti mengisap nikotin tersebut. Apakah Mamas termasuk perokok dan sebenarnya ingin menghentikan kebiasaan buruk ini? Tidak sulit, Mam, jika Anda bisa melawan diri sendiri. Berikut Smart Mama berikan 5 tip yang mungkin bermanfaat untuk Anda menjauhi rokok, and for good, off course.

  1. Komitmen penuh.Dasar terutama untuk Anda bisa berhenti merokok adalah Anda harus berjanji pada diri sendiri dan berkomitmen untuk menaati janji tersebut. Tuliskan komitmen itu dalam buku harian atau agenda pribadi Anda, lalu berapa jangka waktu yang Anda perlukan untuk Anda bisa benar-benar berhenti total.
  2. Buat rencana. Rasanya mustahil bila Anda bilang, “Hari ini saya akan berhenti merokok.”, lalu Anda betul-betul berhenti di hari itu juga. Anda harus bisa membuat rencana yang mendukung keberhasilan Anda tersebut ya, Mam. Jika perlu, hukum diri Anda bila melanggar komitmen itu. Misalnya, Anda berkomitmen untuk berhenti merokok selamanya pada 6 bulan ke depan. Namun, di masa ‘percobaan’ itu, Anda gagal, maka hukuman untuk Anda adalah Anda tak boleh makan dessert favorit Anda selama sebulan.
  3. Berikan hadiah untuk diri sendiri. Perokok aktif, apalagi jika Anda sudah merokok selama bertahun-tahun pasti tahu benar bahwa berhenti mengisap tembakau adalah hal yang ‘menyedihkan’. Jadi, tak ada salahnya Anda memberi hadiah untuk diri Anda sendiri saat Anda sukses untuk tak menyentuh rokok dalam 2 minggu pertama, 2 bulan pertama, hingga 1 tahun dan akhirnya Anda sama sekali tak merokok lagi. Semakin lama Anda berhasil, maka semakin besar hadiah yang bisa Anda berikan untuk merayakan ‘prestasi’ ini.
  4. Mengetahui motivasi Anda. Apa motivasi Anda berhenti merokok? Ingin mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat atau Anda takut terkena penyakit tertentu? Mungkin, tujuan Anda merokok adalah karena malu pada suami yang justru bukan perokok atau kasihan pada balita Anda yang mau tak mau akhirnya jadi perokok pasif. Ketik dalam huruf berukuran cukup besar, print, dan tempel di dinding rumah Anda. Jadi setiap kali keinginan untuk merokok datang, ingatlah seluruh motivasi ini dalam kepala Anda.
  5. Bergabung dalam forum. Salah satu cara yang terbukti bisa menolong Anda berhenti merokok adalah ikut bergabung dalam forum khusus online yaitu www.quitsmoking.about.com. Di sini, Anda akan menyadari bahwa Anda bukan satu-satunya orang yang tengah ‘berjuang’ untuk memiliki hidup yang lebih sehat. Dukungan dan saran dari sesama orang yang mengerti betul kesulitan Anda, akan jauh lebih berarti dibandingkan dari mereka yang bukan perokok. So, good luck, Mam! (Lenny Delima/ Photo : Istockphoto.com)

 

Shares