Career

Q&A: Terlambat Memulai Karier

By  | 

Q: Saya ibu dari dua orang anak dan sarjana Psikologi dengan predikat kelulusan summa cumlaude, tetapi saya tidak punya pengalaman kerja sama sekali selain sebagai sukarelawan. Saat ini, saya ingin sekali mulai bekerja, dari mana saya harus memulai karier?

Renata, 33 tahun

A: Johanna Beyer, founder dan principal dari On Your Path Consulting serta Maybrooks Lead Ambassador Coach, mengatakan pertama-tama, Anda harus mengetahui alasan utama Anda ingin bekerja. Apakah faktor uang, mencari pengalaman baru, atau aktualisasi diri? Jika Anda betul-betul memahami keinginan tersebut, maka kesempatan mencapainya akan lebih mudah.

Yang kedua, Anda harus memulai research beberapa pilihan karier yang sesuai dengan bidang Anda. Perluas networking Anda dan pelajari karier yang didalami oleh orang-orang di sekitar Anda, serta cari tahu mengapa mereka menyukai pekerjaan tersebut. Hal itu dapat membantu Anda menemukan pekerjaan yang sesuai dengan background dan minat Anda.

Setelah mengetahui pekerjaan yang Anda inginkan, mulailah melamar pekerjaan dan segera aktifkan LinkedIn Anda, uraikan keahlian serta kemampuan Anda secara maksimal. Jangan lupa sertakan foto terbaik Anda yang memperlihatkan profesionalisme. Good luck! (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares