Career

Q &A : Ingin Mendapat Promosi

By  | 

Q : Saya sudah bekerja selama 3 tahun sebagai sekertaris di sebuah perusahaan furnitur. Saya merasa karier saya berjalan lambat karena selama 3 tahun bekerja saya belum pernah mendapat promosi. Saya ingin ada perubahan pada perjalanan karier saya. Apa yang harus saya lakukan?

Tya, 29 tahun

A : Lauren McGoodwin, founder dari www.careercontessa.net mengatakan, Anda perlu melakukan tindakan SMART untuk memiliki perjalanan karier yang berubah maju. SMART maksudnya adalah :

-Specific/ spesifik : Target yang Anda tentukan harus spesifik. Misalnya target Anda dipromosikan menjadi sekertaris senior, maka langkah-langkah yang diambil harus jelas. Misalnya Anda bersedia meluangkan lebih banyak waktu untuk belajar kepada sekertaris senior lain mengenai tugas dan tanggungjawabnya sehari-hari, memperbaiki performa saat presentasi, dan lain-lain.

Measurable/ terukur : Tanyakan pada diri sendiri mengenai kapan target ini bisa Anda raih. Jadi, Anda bisa mengukur seberapa jauh Anda sudah mendekati target ini. Misalnya dalam 2 bulan, Anda sudah harus bisa menguasai 2 tugas yang hanya bisa dikerjakan oleh sekertaris senior.

Attainable/ dapat dicapai : Ketika Anda fokus pada satu tujuan utama, yakinkan diri bahwa Anda pasti bisa mencapai tujuan ini dengan usaha dan kerja keras.

Realistic/ realistis : Dalam mencapai cita-cita atau target apapun dalam hidup, Anda harus tetap realistis ya. Jika di dalam perjalanan menuju target itu, Anda menemui beberapa rintangan, jangan menyerah ya, Mam. Tetap semangat dan selalu on track ya, Mam.

-Timely/ tepat waktu : Setiap tujuan harus memiliki waktu atau deadline tertentu. Tanpa deadline, percuma saja Anda memiliki target. Jadi, katakan tegas pada diri Anda, “Saya ingin menjadi sekertaris senior pada akhir tahun 2015 atau paling lambat bulan ke-2 di tahun 2016.” Dengan demikian, seluruh langkah-langkah ini tak akan sia-sia, Mam. (Lenny Delima/ Photo : Istockphoto.com)

 

 

Shares