Finance

5 Tip Hemat untuk Si Mama Baru

By  | 

Tak ada yang bisa menggantikan kebahagiaan sebagai ibu, apalagi bagi Mama yang baru melahirkan anak pertama. Namun, euphoria ini kadang membuat Anda jadi tidak bijak khususnya dalam masalah pengeluaran. Alih-alih ingin memberi yang terbaik, Anda malah jadi boros. Tapi tidak jika Anda mengikuti saran dari Smart Mama berikut.

  1. Bertanya pada sesama ibu. Malu bertanya, sesat di jalan. Ungkapan lama ini berlaku untuk banyak hal, Mam, termasuk dalam urusan membeli barang-barang Si Bayi. Sebelum Anda malah salah dan barang itu jadi tak terpakai, lebih baik buat daftar barang-barang apa saja yang perlu sehingga Anda tak merasa rugi.
  2. Membeli barang bekas. Newborn stroller, car seat, atau bouncer adalah beberapa barang yang tak harus Anda beli baru. Selain harganya tergolong mahal, benda-benda ini biasanya dipakai dalam waktu sebentar sehingga kondisinya masih bagus.
  3. Meminjam pada sahabat atau kerabat. Jangan malu untuk bertanya pada teman maupun keluarga Anda juga memiliki balita, mengenai barang-barang tertentu yang bisa Anda pinjam. Setelah Si Kecil sudah tak membutuhkannya lagi, segera kembalikan ya Mam.
  4. Berpikir sebelum membeli. Usahakan untuk tak menjadi pembeli yang impulsif. Ingat, ketika membeli perlengkapan bayi, Anda membeli karena memang betul-betul membutuhkan ya, bukan karena bentuk atau motif barangnya yang lucu menggemaskan.
  5. Jual kembali barang yang tak Anda perlukan. Saat baby shower dan kelahiran new born biasanya Anda akan mendapat banyak kado. Kadang kado-kado itu ada beberapa yang sama sehingga Anda tak perlu membukanya semuanya. Nah, barang-barang yang tak terpakai ini tak ada salahnya Anda jual kembali, namun dengan harga yang lebih murah. Anda bisa jual ke kerabat atau teman-teman Anda yang sedang hamil ya. (Lenny Delima/ Photo : Istockphoto.com)

 

 

Shares