Mind

4 Cara Usir Kecemasan Ketika Hamil

By  | 

Kecemasan atau ketakutan akan berbagai hal pasti pernah dialami semua orang, termasuk Anda. Apalagi para calon mama yang mungkin takut menghadapi persalinan hingga takut Si Bayi tak lahir sempurna. Selama dalam tahap wajar, kecemasan ini adalah hal lumrah. Dan 4 cara berikut bisa membantu meredam kecemasan dalam diri Anda.

  1. Meditasi

Bila selama ini Anda belum pernah melakukan meditasi, sekarang saat yang tepat untuk mencobanya. Duduk dengan kaki bersila dan pejamkan mata Anda sambil membayangkan segala hal indah dan menyenangkan. Tarik napas dalam-dalam sampai hitungan 10, lalu hembuskan perlahan.

  1. Kenali Pemicu Stres

Stres berkaitan erat dengan kecemasan. Oleh karena itu, kenali hal-hal yang bisa memicu stress dalam diri Anda dan hindarilah.

  1. Hindari Berita dan Gambar Menakutkan

Memenuhi pikiran Anda dengan berita dan gambar yang menyeramkan seperti pembunuhan, penculikan, kecelakaan, dan lain-lain akan semakin membuat Anda cemas akan banyak hal. Lebih baik, baca atau tonton berita menarik tentang hal positif seperti tempat-tempat wisata yang cantik, restoran menarik, hingga item-item fashion dan beauty yang memanjakan mata.

  1. Buang Pemikiran “Bagaimana Jika…”

Salah satu sumber kecemasan para calon mama adalah ketakutan yang dimulai dari pikiran sendiri. Misalnya, “Bagaimana jika bayi saya prematur?”, “Bagaimana jika saya tidak bisa jadi ibu yang baik?”, atau “Bagaimana jika saya meninggal saat melahirkan?”, dan ratusan “Bagaimana jika” lainnya. Mamas, Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di hari esok, jadi lebih baik berusaha untuk selalu menjaga kesehatan dan banyak berdoa untuk kelancaran kehamilan Anda. (Lenny Delima/ Photo : Istockphoto.com)

 

 

 

 

Shares