Health

Mengenal Lebih Jauh 5th Disease

By  | 

Nama penyakit ini tergolong unik dan kerap menyerang usia balita dengan gejala timbulnya ruam pada kulit Si Kecil. Berbahayakah penyakit ini? Yuk Mamas, kenali lebih jauh!

About 5th Disease

Anda pasti bertanya, mengapa penyakit ini disebut 5th disease? Pada zaman dahulu , ada banyak penyakit menyerang anak-anak dengan gejala sama yakni menimbulkan ruam pada kulit. Untuk memudahkan klasifikasi, maka satu persatu penyakit tersebut diberi nama, yang pertama measles atau campak, yang kedua adalah scarlet fever, yang ketiga rubella, keempat dukes disease, sehingga yang kelima bernama 5th disease.

Penyebab penyakit ini adalah parvovirus B 19 dan seringkali disebut slap cheek atau slap face karena wajah penderitanya nampak bersemu merah seperti habis ditampar. Penyakit ini dapat ditularkan melalui batuk atau bersin dan biasanya Si Kecil terjangkit 5th disease di sekolah. Sayangnya, belum ada imunisasi untuk penyakit ini, but the good news is 5th disease bukan penyakit berbahaya kok. Dan jika sudah terkena penyakit ini, maka Si Kecil akan kebal terhadap 5th disease seumur hidupnya.

Ciri-Ciri Si Kecil Terkena 5th Disease

  • Demam dan gangguan pernapasan
  • Timbul ruam di wajahnya, namun setelah 2-4 hari menyebar ke bagian lain seperti tubuh, lengan, dan kaki.
  • Sakit kepala dan hidung berair

Pencegahan dan Pengobatan

Meskipun vaksin penyakit ini belum ditemukan, namun Anda dapat mencegah 5th disease dengan membiasakan Si Kecil untuk selalu mencuci tangan khususnya bila ia akan menyentuh area hidung, mata, dan mulut. Selain itu, hindarkan ia untuk kontak langsung dengan anak-anak yang sedang batuk mupun bersin.

Sebenarnya, penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya asalkan Si Kecil istirahat total kurang lebih satu minggu. Namun, agar demamnya lekas reda, berikan ia paracetamol dengan dosis anak, serta obat gatal untuk mengatasi ruam pada kulitnya. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istock)

Shares