Finance

5 Aturan Keuangan untuk Usia 30 Tahun Ke Atas

By  | 

Di zaman modern seperti ini, masih banyak wanita di usia 30-an yang memilih untuk . Tapi, tak sedikit juga yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Apapun pilihan Anda, aturan keuangan ini bisa Anda jadikan acuan untuk mengatur financial.

1.Tentukan prioritas pengeluaran. Di usia ini, Anda harus lebih bijak lagi mengatur skala prioritas dalam pengeluaran bulanan. Bila Anda sudah berkeluarga, Anda harus tahu kebutuhan primer seperti cicilan-cicilan tetap, biaya makan, transportasi, serta groceries Anda sebagai pengeluaran utama.

2. Beli asuransi kesehatan. Semakin tua usia Anda, maka semakin tua pula tubuh Anda. Artinya Anda harus lebih memerhatikan kesehatan ya. Ada baiknya mulai pertimbangkan untuk membeli asuransi kesehatan karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Demikian pula, jika Anda punya anak, Si Kecil juga harus Anda lengkapi dengan asuransi kesehatan ini.

3. Gunakan kartu kredit sebijak mungkin. Bila bisa menggunakan ‘kartu sakti’ ini dengan sebaik mungkin, maka kartu ini bisa jadi sahabat Anda. Namun, bila Anda lalai dan menyalahgunakannya, bukan tak mungkin kartu kredit ini bisa ‘mencekik’ Anda dengan bunga yang terus bertambah. Saran Smart Mama, sebaiknya miliki maksimal 2 kartu saja ya. Jika ada 2 kartu lain, segera tutup saja.

4. Membeli rumah. Rumah lebih penting daripada mobil, meskipun memang harganya tidak semurah mobil. Bila Anda belum ada niat sama sekali, coba pikirkan lebih matang. Sebab, semakin lama Anda mencoba untuk mencicil rumah, maka semakin lama pula jangka waktu Anda untuk mencicilnya. Misalnya Anda membeli rumah di usia 40 tahun dengan cicilan selama 15 tahun, maka Anda baru bisa melunasinya di usia 55 tahun. Sedangkan di usia ini biasanya Anda sudah memasuki masa pensiun bukan?

5. Menggunakan jasa konsultan keuangan. Jika Anda merasa membutuhkan jasa konsultan keuangan untuk mengatur hal-hal yang belum Anda pahami, maka tak usah ragu ya. Bila takut biayanya mahal, coba tanyakan kepada teman atau keluarga Anda. Barangkali, salah satu dari mereka pernah punya kenalan yang bisa memberi harga miring. (Lenny Delima/ Photo : Istockphoto.com)

 

Shares