Health

Pilihan Camilan Sehat untuk Si Kecil yang Suka Ngemil

By  | 

Meski sudah makan besar, beberapa anak tetap gemar ngemil. Hal itu tak jadi masalah, asalkan camilan yang diberikan tidak mengganggu kesehatan Si Kecil.

Dokter gizi dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK mengatakan bahwa Mams bisa memberikan Si Kecil makanan kecil yang rendah gula. “Mama bisa memberikan cemilan seperti biskuit atau crackers untuk Si Kecil dengan kandungan gula yang rendah.”

Tak hanya crackers, dr. Juwalita juga menyarankan agar Mamas juga bisa menyelipkan aneka buah-buahan untuk Si Kecil di sela camilannya. Mams bisa menyajikan buah potong seperti alpukat, pisang, jeruk, apel dan yang lainnya untuk Si Kecil. Nutrisi yang terkandung didalam buah, bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang mereka.

Selain itu, Mams juga dapat memberikan Si Kecil yogurt. Yogurt merupakan olahan susu yang dipanaskan dan difermentasi bersama dua jenis bakteri, yaitu lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophilus. Kandungan probiotik, protein, vitamin A, vitamin C, serta mineral seperti magnesium, selenium, dan zinc di dalamnya, bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil.

Selanjutnya, Mams juga dapat menyuguhkan puding untuk Si Kecil. Rasanya yang bisa bervariasi, baik cokelat, stroberi ataupun rasa lainnya, tentu akan disukai Si Kecil, namun dr Juwalita mengingatkan agar tingkat kemanisan puding tetap disesuaikan sesuai usia Si Kecil

Camilan sehat lainnya adalah kacang-kacangan yang tak kalah nutrisinya dibandingkan beberapa camilan di atas. “Mams juga bisa memberikan kacang-kacangan untuk Si Kecil, namun yang sudah berusia di atas lima tahun,” lanjut dr Juwalita.

Lalu apa saja manfaat kacang-kacangan untuk Si Kecil? Menurut Badan Pangan dan Pertanian PBB (FAO), kacang-kacangan memiliki protein dua kali lipat bila dibandingkan gandum, dan tiga kali lipat lebih besar dibandingkan protein dalam beras. Kacang-kacangan juga kaya akan mikronutrien, asam amino, dan vitamin B.

Kacang-kacangan yang dimaksud disini adalah termasuk semua jenis kacang kering (kacang lima, kacang mentega, kacang merah, dan kacang-kacangan yang besar) dan kacang polong (kacang panjang, buncis, kacang polong, dan kacang polong merpati). (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares