Parenting

Alasan Nikita Willy Memilih Metode Baby Led Weaning untuk Baby Izz

By  | 

Tak terasa, baby Issa Xander Djokosoetono, anak lelaki dari selebriti mama Nikita Willy dan sang suami, Indra Djokosoetono, telah memasuki usia MPASI. Nikita Willy pun memilih metode Baby Led Weaning (BLW) dalam memperkenalkan MPASI pada sang anak yang kerap disapa baby Izz.

Berbeda dengan puree, BLW adalah metode memperkenalkan MPASI dengan melewatkan pemberian MPASI puree yang disuapkan pada Si Kecil. BLW memberi kesempatan pada Si Kecil untuk memegang dan menyuap makanannya sendiri dalam bentuk finger food, memberikan kesempatan untuk mengeksplor makanannya sendiri, dimana harapannya Si Kecil akan lebih cepat menerima berbagai jenis tekstur makanan dan tidak pernah menolak makan apa pun yang disediakan.

Bukan tanpa alasan, Nikita memilih metode ini tentu dengan berbagai pertimbangan. Melalui Insta Story-nya, Niki menjelaskan bahwa ia memilih metode BLW karena keluarga kecil mereka kerap bepergian. Karena alasan itulah BLW ia pilih agar baby Izz bisa menikmati makan bersama kedua orangtuanya, dan Niki pun tak perlu repot membuat bubur.

Tak sekedar asal menerapkan metode ini, namun sebelumnya Niki telah mempelajari terlebih dahulu seluk beluk BLW.

“Aku ikut workshop untuk BLW, virtual course, dan baca buku Baby Led Weaning supaya yakin untuk menerapkan metode tersebut,” ujar Niki yang mengaku kalau ia pun masih pemula dan masih harus belajar banyak.

Salah satu menu BLW baby Izz.

Disini Niki juga menjelaskan bahwa Baby Izz memulai MPASI nya di usia yang belum genap enam bulan.

“6 bulan kurang seminggu Izz starts makan, pastinya dengan izin dokter anak,” jelas Niki yang memilih melahirkan baby Izz di Amerika.

Selain itu, Niki juga menyinggung tentang mental health para mama. Ia berbagi tips bagi para new mama yang anaknya juga baru mulai MPASI, agar tidak usah pusing menghadapi masa-masa MPASI ini.

Sarapan pagi bersama baby Izz.

“Kewajiban kita adalah melihat waktunya, menyediakan tempat, dan makanan yang bergizi untuk anak kita, tapi hak mereka mau makan berapa banyak atau mau memainkan saja,” sarannya.

“Jadi gak usah pusing. YOLO Mama! Our mental health is also important,” tutupnya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Instagram Nikita Willy)

Shares