Health

Makanan yang Harus Calon Mama Hindari saat Hamil

By  | 

Saat Mams hamil, semua yang Mams konsumsi akan dibagi dengan bayi yang sedang tumbuh. Meskipun beberapa jenis makanan mungkin tidak meracuni Anda, namun makanan tersebut bisa jadi dapat membahayakan bayi di dalam kandungan.

Untuk menghindari keracunan makanan, berhati-hatilah dengan tidak memakan makanan yang yang disimpan di lemari es selama lebih dari dua jam (atau lebih dari satu jam dalam cuaca panas).

Pastikan untuk membatasi kafein hingga 200 mg sehari (satu cangkir kopi 12 ons). Dan, seperti yang mungkin Anda sudah ketahui, lupakan alkohol selama kehamilan Anda, ya Mams.

Tak hanya itu saja. Agar tetap aman dan sehat baik bagi Mams to be dan Si Kecil, hindari juga beberapa makanan ini selama kehamilan Anda:

Daging

Aneka makanan yang mengandung daging, termasuk kalkun, ayam, sapi, hingga hot dog, dan daging siap saji lainnya. Semuanya dapat dikonsumsi dengan aman jika dimasak hingga benar-benar matang dan disajikan panas.

Ikan

Ikan bluefish, pike, salmon, striped bass, trout, dan walleye yang ditangkap secara lokal sebaiknya dihindari dahulu. Termasuk king mackerel, hiu, swordfish, dan tilefish, yang memiliki kadar merkuri tinggi. Begitu pula dengan ikan cod asap, salmon asap, makarel asap, ikan trout asap, tuna asap, dan ikan putih asap, atau ikan asap lainnya. Bagi Mams to be penggemar sushi, harap bersabar dulu ya, Mams. Sushi atau ikan dan kerang mentah (tiram, kerang, remis) tidak aman dikonsumsi saat hamil.

Telur

Bukannya tak boleh mengonsumsi telur, namun pastikan telur yang akan dikonsumsi sudah dimasak hingga benar-benar matang. Jangan mengonsumsi telur mentah atau setengah matang. Begitupun dengan adonan kue mentah yang ada telur mentah di dalamnya. Selain itu, saus salad caesar, saus bearnaise, saus hollandaise, mayones, dan semua saus termasuk saus buatan sendiri yang dibuat dengan telur mentah juga tidak baik bagi kesehatan kehamilan Anda. Selanjutnya, makanan mengandung telur seperti mousse, meringue, tiramisu, dan semua makanan penutup buatan sendiri yang dibuat dengan telur mentah, juga berbahaya bagi bayi di dalam kandungan.

Susu dan Keju

Meski susu baik manfaatnya bagi calon mama, namun susu yang tidak dipasteurisasi justru tidak aman bagi bayi. Keju apa pun yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi juga sebaiknya Mams hindari, seperti keju lunak brie, keju biru, feta, panela, queso blanco, dan queso fresco yang kemungkinan terbuat dari susu mentah.

Buah dan Sayuran

Jus segar yang dibeli di toko atau jus yang tidak dipasteurisasi juga tidak aman bagi kehamilan Anda. Sama halnya dengan buah dan sayuran yang tidak dicuci sebelum dikonsumsi, kecambah mentah dan Pepaya mentah.

Meski berat, namun menahan sedikit hingga Si Kecil lahir tentu tidak sia-sia. Si Kecil yang terlahir sehat adalah harapan setiap orangtua, betul bukan Mams? (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares