Health

Apakah Pijat Kehamilan Aman Bagi Calon Mama dan Janin?

By  | 

Perubahan tubuh yang cukup drastis selama kehamilan mengakibatkan calon mama cenderung mudah merasa lelah ataupun merasa tak nyaman di beberapa bagian tubuh, termasuk diantaranya sulit tidur. Sebelum hamil, keluhan tersebut bisa diatasi dengan pijat, namun bagaimana ketika Anda hamil, amankah melakukan pijat hamil?

Faktanya, tidak semua negara memiliki peraturan ataupun undang-undang yang mewajibkan pelatihan minimum bagi terapis pijat, terlepas dari apakah klien terapis sedang hamil atau tidak. Hal inilah yang membuat sebagian dokter ragu untuk menyarankan pijat kehamilan bagi para pasiennya.

Terapi pijat selama kehamilan juga belum dipelajari secara ketat dengan metode penelitian klinis berkualitas tinggi sehingga seringkali menjadi kontroversi apakah aman bagi calon mama dan janin untuk dipijat.

Banyak terapis pijat tidak akan memberikan pijat kehamilan selama trimester pertama. Pasalnya, potensi keguguran sangat tinggi. Meski belum ada penelitian yang dilakukan untuk menunjukkan hubungan antara pijat dan keguguran, namun dikarenakan banyaknya kasus keguguran terjadi pada trimester pertama, maka beberapa terapis pijat dan dokter menyarankan untuk tidak melakukan pijat pada trimester pertama untuk menghindari risiko keguguran terjadi.

Kapan Perlu Menghindari Pijat Kehamilan?

Dikutip dari WebMD, banyak dokter kandungan menyarankan para calon mama untuk menghindari pijat guna menghindari berbagai risiko yang tak diinginkan. Jadi, pastikan Mams to be mendapatkan izin dari dokter Anda sebelum mencoba pijat, terutama jika Mams to be:

● Mengalami mual, muntah, atau morning sickness

● Kehamilan dengan risiko tinggi keguguran

● Kehamilan berisiko tinggi seperti solusio plasenta (di mana plasenta sedikit terlepas dari dinding rahim) atau persalinan prematur.

Karena alasan keguguran dan komplikasi lain yang dapat membahayakan kandungan, maka sangat disarankan bagi calon mama agar sebelumnya melakukan konsultasi dengan dokter kandungan sebelum memutuskan untuk melakukan pijat selama kehamilan. Umumnya, selepas trimester pertama, bila kehamilan Anda sehat tanpa keluhan, maka dokter akan mengizinkan Mams to be untuk melakukan pijat kehamilan dengan terapis profesional. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares