Health

Ketahui Manfaat Lain Teh Selain Sebagai Minuman

By  | 

Ternyata, selain dijadikan sebagai minuman, teh juga memiliki berbagai manfaat lainnya yang sangat berguna lho, Mams!

Di Indonesia, selain kopi, teh merupakan minuman yang banyak digemari. Aromanya yang harum dan rasanya yang sedikit pahit membuat banyak orang menyukai teh.

Tak hanya lezat rasanya, ternyata teh masih memiliki berbagai manfaat lainnya. Adapun Kegunaan lain teh yang bisa Mamas manfaatkan adalah sebagai:  

1.Menghilangkan Sakit Akibat Gigitan Serangga

Kantong teh dapat mengatasi rasa sakit dan gatal yang muncul setelah serangga menggigit Anda. Basahi kantong teh, peras, dan kompres di area yang terkena sengatan selama 15 hingga 20 menit.

2.Meringankan Rasa Sakit Karena Menyusui

Kantong teh dapat berfungsi sebagai kompres untuk membantu breastfeeding mama meredakan puting yang sakit. Penelitian menunjukkan bahwa membasahi kantong teh dengan air hangat, memeras kelebihan airnya, lalu mengompresnya di area tersebut selama 15 menit, empat kali sehari, dapat meningkatkan aliran darah dan membantu menyembuhkan lebih cepat.

3.Membuka Sumbatan Pori-pori

Lulur yang terbuat dari daun teh hijau dapat menyingkirkan kulit berminyak secara mendalam dan membantu menghilangkan komedo. Buka kantong teh dan campurkan 1 sendok teh daun teh dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Gosok pasta teh dengan lembut di atas area tersebut selama 2 hingga 3 menit, lalu bilas dengan air hangat. Kemudian keringkan wajah Anda dan gunakan pelembab.

4.Meredakan Mata Bengkak

Mata bengkak akibat kurang tidur bisa Mamas atasi dengan beberapa kantong teh berkafein. Rendam dalam air hangat seperti jika Anda akan membuat secangkir teh, lalu masukkan ke dalam lemari es selama beberapa menit untuk mendinginkannya. Letakkan satu kantong di atas setiap kelopak mata selama 5 menit untuk mengurangi bengkak dan membuat pembuluh darah di area mata lebih kecil.

5.Pupuk Tanaman

Tanaman membutuhkan nitrogen untuk tumbuh sehat. Dan daun teh memiliki banyak kandungan nitrogen didalamnya. Studi menunjukkan bahwa daun teh bekas dicampur dengan tanah dapat membantu tunas dan akar tumbuh lebih cepat dan meningkatkan produksi kimia pada tanaman. Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto)

Shares