Education

Yuk, Ajak Si Kecil Belajar dengan Seru Lewat ZeniusLand!

By  | 

!Kondisi yang masih belum memungkinkan untuk melakukan PTM (Pertemuan Tatap Muka) penuh, menjadi tantangan tersendiri bagi Si Kecil maupun orangtua. Karena itu, sistem pembelajaran yang fun dan seru sangat diperlukan.

Sebelum pandemi, kegiatan belajar-mengajar (KBM) lebih bertumpu pada sekolah. Tapi pandemi telah mengubah hal tersebut, sehingga orangtua kini memiliki peranan lebih penting dalam KBM. Perubahan pola KBM dari konvensional menjadi modern (menggunakan gawai/laptop) menyebabkan kemajuan pendidikan anak menjadi sangat bergantung pada orangtuanya.

Menurut studi dari organisasi Save The Children, setelah dilakukan sekolah daring selama kurang lebih 9 bulan, 40% orang tua mengaku motivasi belajar Si Kecil semakin berkurang. Penyebab utama dari menurunnya motivasi tersebut adalah 70% karena rasa bosan, terlalu banyak tugas, metode belajar yang kurang menyenangkan, dan tidak adanya interaksi.

“Tantangan terbesar pada siswa di Indonesia adalah kurangnya motivasi mereka untuk belajar. Pada dasarnya, anak-anak tidak bisa dipaksa untuk belajar, karena hanya akan membuat mereka hafal sejenak, kemudian lupa. Itulah mengapa kami memasukkan elemen fun atau keseruan dalam kegiatan belajar di ZeniusLand, supaya kita bisa memupuk kecintaan belajar dan rasa ingin tahu dalam diri mereka sedari dini. Harapannya, tentu agar bekal ini dapat membentuk mereka menjadi seorang pembelajar seumur hidup,” jelas Sabda P.S, Chief Education Officer Zenius.

Karena itulah, kehadiran platform edukasi seru dan interaktif seperti ZeniusLand dari Zenius, bisa jadi salah satu solusi bagi Si Kecil untuk belajar dengan cara ‘baru’. Zenius menghadirkan wadah baru bagi orangtua dan anak untuk menjelajahi dunia belajar bersama melalui ZeniusLand, platform belajar yang dirancang khusus untuk dapat mengembangkan kemampuan dasar dan cara berpikir kritis siswa, serta meningkatkan kecerdasan kognitif maupun emosional anak usia sekolah dasar di Indonesia.

Kehadiran ZeniusLand sejalan dengan visi Zenius untuk menumbuhkan kecintaan terhadap belajar dalam diri semua orang. Anak usia pendidikan SD dapat menguasai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris melalui proses gamifikasi yang seru, interaktif, dan menyenangkan. Zenius diharapkan bisa menambah semangat eksplorasi dan belajar Si Kecil, karena terdapat karakter animasi yang membuat kegiatan belajar menjadi menyenangkan.

Melalui ZeniusLand, Si Kecil dapat mengejar ilmu pengetahuan bersama ‘teman’ virtual menyenangkan bernama Tiga Sekawan, yang mewakili nilai-nilai karakter anak yang perlu digali sejak dini; Gika untuk kemampuan logika, Imaji untuk imajinasi, dan Aksa untuk literasi.

Kehadiran ZeniusLand diharapkan dapat membangkitkan kembali motivasi anak-anak di Indonesia yang sedang mengalami demotivasi karena ketidakpastian yang diakibatkan oleh pandemi.

“Tidak hanya bermanfaat bagi siswa dan siswi di sekolah dasar, ZeniusLand juga memudahkan orangtua untuk bisa mengawasi perkembangan anak-anak mereka melalui platform yang sama. Orangtua bisa mengakses laporan hasil pembelajaran dari platform yang sama, sehingga mereka mengetahui kelebihan atau kekurangan anak, serta mendapatkan rekomendasi belajar yang terpersonalisasi. Dengan ZeniusLand, orang tua juga bisa mengajak anak untuk belajar dan mengerjakan tugas, tanpa membuat anak merasa terbebani atau stres,” tambah Sabda. 

ZeniusLand menjadi satu-satunya aplikasi yang dirancang sebagai arena belajar sambil bermain yang aman dan tepat untuk anak-anak. Pada tahap awal, ZeniusLand menghadirkan  lebih dari 200 pertanyaan, dan lebih dari 40 materi pembelajaran interaktif untuk siswa kelas 4-6 SD. Platform ini telah tersedia di Android, dan akan segera tersedia di iOS, yang dapat diakses dengan biaya langganan sebesar Rp800.000 per tahun.

Tim Zenius berkomitmen untuk terus menambah variasi konten dan mata pelajaran yang tersedia di ZeniusLand. Selain itu, dalam waktu dekat, perusahaan yang berdiri sejak tahun 2004 ini juga akan mengumumkan kolaborasinya dengan salah satu perusahaan entertainment terbesar di dunia yang seru dan imajinatif, yang bermarkas di Amerika Serikat.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi https://www.zenius.net/. Zenius app pun sudah tersedia dan dapat diunduh di Google Play dan di App Store ya, Mams! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Zenius)

Shares