Style

Pentingnya Main Air Bagi Si Kecil

By  | 

Risiko basah dan anak bisa sakit menjadi alasan banyak Mama enggan mengizinkan anaknya untuk bermain air. Padahal, main air memberikan banyak manfaat yang dapat mendukung tumbuh kembang Si Kecil.

Manfaat Bermain Air Bagi Anak

Ada beberapa manfaat bermain air bagi Si Kecil, diantaranya adalah:

•Mendukung Perkembangan Fisik

Saat bermain air, Si Kecil biasanya akan bergerak aktif seperti melompat kegirangan saat bermain air, mencipratkan air, menuangkan air, mengguyur air, dan gerakan lainnya. Gerakan-gerakan ini dapat mendukung koordinasi gerak dan anggota tubuh Si Kecil, seperti tangan, kaki dan mata.

•Media Belajar

Saat bermain air, Si Kecil juga bisa belajar banyak hal. Beberapa diantaranya adalah tentang perbedaan suhu, perbedaan ukuran (besar-kecil dan banyak-sedikit), serta perbedaan bentuk benda (cair, padat, dan gas), serta konsep mengapung dan mengambang.

•Perkembangan Sosial dan Emosi

Melalui permainan menuang air, menyiram air, atau sekadar mencipratkan air, dapat membantu melepaskan emosi negatif Si Kecil. Tak hanya itu, bermain air juga dapat mengasah kemampuan sosial Si Kecil dengan belajar kerjasama dengan teman sepermainannya.

•Perkembangan Bahasa

Permainan ini juga dapat membantu perkembangan bahasa Si Kecil. Ia akan menemukan kosakata baru yang dari Mamas tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan permainan air, sepert “mengalir, mengapung, tenggelam, dan sebagainya.

•Melatih Kreativitas dan Imajinasi

Bermain air juga bisa melatih kreativitas dan imajinasi Si Kecil lho, Mams! Mereka bisa memainkan bermacam permainan air dan juga berimajinasi seperti menjadi bajak laut atau nahkoda kapal.

Playgro

Playgro adalah brand mainan anak inovatif dengan material berkualitas asal Australia. Mainan dari Playgro sudah bisa Mamas perkenalkan sejak Si Kecil lahir hingga usia tiga tahun. Playgro memiliki rangkaian produk water play yang dapat menambah keseruan Si Kecil saat bermain air.

Berikut ini adalah Playgro waterplay products yang bisa jadi pilihan:

Floating Scoop Whales

Mainan ini dapat membantu mengembangkan kemampuan visual Si Kecil, karena memiliki warna yang cerah dan menarik. Terdiri atas 3 paus dalam satu set, ketiganya dapat saling dikaitkan dan mengapung di air, sehingga dapat melatih imajinasi Si Kecil. Permukaannya yang bertekstur juga dapat mengembangkan kemampuan motorik halus dan kasar ketika Si Kecil mengambil mainan, dan memainkannya di dalam air.

Bright Baby Boats

Perahu warna-warni ini sudah bisa dimainkan Si Kecil sejak usia 6 bulan ke atas saat ia mandi, berenang di kolam renang atau bermain di pantai. Setiap perahu ini memiliki lubang untuk mengalirkan air dan dapat saling dikaitkan untuk membentuk rantai. Mainan ini dapat merangsang keterampilan motorik halus Si Kecil.

Floating Sea Friends

Mainan berbentuk aneka hewan ini akan menyenangkan untuk dimainkan di air, aman untuk dikunyah, lembut dan ukurannya sempurna untuk digenggam oleh Si Kecil. Warna-warna cerahnya berguna untuk merangsang imajinasi dan inderanya. Tak perlu khawatir dengan risiko tumbuhnya jamur, karena kedelapan hewan lucu ini sepenuhnya disegel untuk mencegah jamur berkembang di dalam, membuatnya aman untuk dikunyah bayi dan mudah dibersihkan. Mainan-mainan ini pun dikemas dalam tas hadiah praktis, yang dapat digunakan untuk menyimpan mainan dengan rapi setelah bermain

Bath Time Activity Gift Pack

Gift pack ini terdiri atas 16 buah mainan yang sepenuhnya disegel sehingga dapat terhindar dari jamur. Momen mandi pun jadi lebih menyenangkan bersama Bath Time Activity Gift Pack ini.

Warna-warni cerahnya dapat merangsang indera penglihatan, melatih daya imajinasi dan motorik halus dan kasar Si Kecil. Sekali lagi, mainan ini aman untuk dikunyah karena BPA free ya, Mamas!

Little Bee’s Adventure Book

Berbeda dengan empat mainan sebelumnya, Little Bee’s Adventure Book ini berbentuk buku cerita tahan air yang bisa berbunyi ketika ditekan oleh Si Kecil. Halaman demi halaman buku cerita ini lembut dengan tepi yang membulat lembut, sehingga aman bagi Si Kecil. Buku ini juga mudah dibersihkan dengan warna cerah dan karakter lucu yang dapat menarik minat Si Kecil untuk membuka buku cerita ini. Lewat gambar-gambarnya yang menarik, Mamas bisa menceritakan jalan cerita dalam buku sambil bermain bersama Si Kecil.

SmartMama X Playgro Giveaway

Yuk Mamas, ikuti giveaway SmartMama X Playgro dengan sharing di kolom comments, aktivitas apa sih yang biasanya Mamas lakukan bersama Si Kecil ketika ia sedang mandi atau bermain air?

3 orang Mama yang beruntung akan mendapatkan hadiah menarik dari Playgro. Pemenang akan diumumkan di Instagram @thesmartMamas pada tanggal 18 Agustus 2021. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Playgro)

Shares