Parenting

Trik Nadia Mulya Atasi Rasa Bosan Si Kecil

By  | 

#DiRumahAja selama pandemi Covid-19 tak hanya sulit bagi kita, orang dewasa, namun juga bagi Si Kecil. Tak heran bila mereka jadi mudah sekali merasa bosan.

Menghabiskan banyak waktu belajar di depan gadget tentu sangat melelahkan bagi Si Kecil. Setelah usai belajar, tentunya mereka ingin santai dengan bermain bersama teman-temannya. Sayangnya, hal ini tak mungkin terjadi. Kondisi ini pun kemudian membuat mereka kembali ke gadget, bermain game online. Bosan, tentu saja. Namun apa daya, mereka merasa tak ada pilihan lain.

Padahal, sebenarnya masih ada banyak hal lain yang bisa Si Kecil lakukan lho, Mamas! Untuk mengatasi rasa bosan Si Kecil, Mamas bisa mengajak Si Kecil melakukan kegiatan bervariasi yang tidak monoton.

“Memastikan anak agar bisa fokus mengikuti pelajaran melalui School From Home (SFH) dan tetap aktif meskipun hanya di rumah saja selama pandemi COVID-19, merupakan tantangan tersendiri bagi para orang tua,” ujar Presenter dan juga Mama dari empat orang anak, Nadia Mulya.

Menyadari hal itu, Nadia punya trik tersendiri untuk membantu anak-anaknya mengatasi rasa bosan, yaitu dengan tetap aktif.Tak hanya sekedar meminta anak-anaknya tetap aktif, namun Nadia pun turut mendampingi mereka selama beraktivitas. “Untuk anak usia 5-12 tahun, mereka yang pasti harus terus didampingi, karena kita sebagai orangtua bisa jadi contoh untuk mendukung perkembangan kognitif, sosial, maupun fisik mereka,” jelas Nadia.

“Anak kan learning by example, karena itu kita selalu lakukan secara terjadwal. Anak-anak yang besar selesai jam sekolah di jam 2 atau jam 3, biasanya sorenya kita mulai keluar buat olahraga seperti lari, main bulu tangkis, atau bersepeda,” ujar Nadia.

“Setelah itu, kami yang besar-besar biasanya melanjutkan olahraga dengan mengikuti gerakan-gerakan olahraga yang ada di YouTube. Sedangkan yang kecil-kecil, mereka mengikuti modul-modul olahraga dari Milo Academy. Yang aku senang, di modul ini ada tahapannya, jadi anak bisa terus berkembang dan anak bahkan juga bisa ketagihan berolahraga,” lanjut Nadia di sela-sela acara peluncuran MILO ACTIV Academy pada hari Rabu, 28 Juli 2021 lalu.

Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association, Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, pun  menyarankan agar Mamas sebaiknya membatasi pemakaian gadget dan lebih banyak mengajak Si Kecil untuk melakukan kegiatan yang aktif untuk mengatasi rasa bosan.

“Namun jangan biarkan mereka aktif sendiri, bersama dengan Mamas, ajak Si Kecil untuk melakukan aktivitas bervariasi yang bisa membuat dirinya juga happy,” saran Rita.

Rita juga menyarankan agar kegiatan ini dilakukan rutin setiap hari.  “Jadikan kita sebagai orangtua memberikan contoh. Misalnya, jangan memberi mereka waktu untuk olahraga namun tidak didampingi bagaimana gerakan olahraga yang benar, karena gerakan yang salah saat olahraga dapat menyebabkan cedera” ujarnya

Yes Mamas, kami pun setuju bahwa orangtua merupakan role model bagi Si Kecil. Sehingga, ketika kita mengajak Si Kecil melakukan sesuatu, maka hendaknya kita pun juga melakukan hal yang sama. Jadi ketika kita mengajak Si Kecil berolahraga, kita pun juga ikut olahraga bersama. Bonding bersama Si Kecil pun jadi semakin kuat.

MILO Activ Academy merupakan platform edukasi olahraga online bagi anak usia 5 – 12 tahun. Platform ini menghadirkan beragam rekomendasi kegiatan pendukung olahraga yang bisa dilakukan oleh Si Kecil saat #DiRumahAja, mulai dari aerobik, bulu tangkis, lari, sepak bola, basket hingga renang, yang bisa diakses melalui situs www.milo.co.id/activ-academy. Setiap video tutorial pada masing-masing cabang olahraga dibuat sesuai dengan modul pelatihan MILO ACTIV Indonesia yang disusun oleh para ahli di bidangnya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Instagram Nadia Mulya)

Shares