Health

Yang Dirasakan Calon Mama di Trimester 3

By  | 

Kehamilan membawa banyak perubahan bagi Si Calon Mama, baik secara fisik maupun psikis. Jangan dulu khawatir bila Mamas to be mengalami beberapa hal tersebut. http://top-zaymov.ru

Yuk, cek apa saja yang mungkin akan Anda rasakan, saat kehamilan memasuki trimester akhir kehamilan!

1.Nyeri ligamen: Rasa nyeri seperti tertusuk pada perut bagian bawah hingga pangkal paha. Rasa sakit ini hanya berlangsung sesaat atau hanya beberapa detik saja dan sangat wajar dialami oleh calon mama. Yang bisa Mamas lakukan adalah berusaha untuk rileks. (baca: Kram Perut Saat Hamil dan Bagaimana Menghadapinya)

2.Kelelahan: Seiring bertambahnya usia kehamilan, metabolisme tubuh calon mama meningkat. Kondisi ini memengaruhi peningkatan hormon progesteron dalam tubuh. Tingginya kadar progesteron membuat calon mama cepat merasa mengantuk dan kelelahan. Terlebih saat usia kehamilan memasuki  30-34 minggu, dimana perut makin membesar dan memberikan tekanan yang lebih berat pada tubuh sehingga mengakibatkan cepat lelah. (baca: Cara Alami Mengatasi Kelelahan Saat Hamil)

3.Heartburn: Sensasi perih dan panas seperti terbakar di bagian tengah dada atau tepat di atas perut (ulu hati). Saat ini terjadi, sering kali disertai dengan munculnya rasa pahit dan asam di mulut. Kondisi ini bisa menjadi lebih parah setelah Mamas makan besar atau saat berbaring. Kondisi ini terjadi karena adanya iritasi pada kerongkongan yang disebabkan oleh asam lambung. Heartburn merupakan keluhan kehamilan yang umum, terutama pada trimester ketiga, dimana rahim tumbuh membesar menekan perut Anda. (baca: Mengatasi Heartburn Pada Calon Mama)

4.Braxton Hicks: Disebut juga sebagai kontraksi palsu, braxton hicks merupakan cara tubuh Anda mempersiapkan persalinan. Mamas to be akan mulai merasakan kontraksi yang tidak teratur sampai persalinan yang sebenarnya dimulai. (baca: Yang Harus Anda Tahu tentang Kontraksi Palsu)

5.Varises: Mamas mungkin melihat vena yang menonjol (termasuk wasir, yang sebenarnya merupakan jenis varises) di tubuh bagian bawah karena semua darah ekstra yang Anda pompa. Kabar baiknya, jika Mamas to be tidak memilikinya sebelum kehamilan, kemungkinan varises ini akan hilang setelah Anda melahirkan. (baca: Varises, Keluhan yang Mungkin Dialami Si Calon Mama)

6.Stretchmark: Berupa garis-garis halus yang muncul di sekitar area perut, payudara, bokong atau area tubuh lainnya, yang muncul akibat kulit meregang secara mendadak atau ketika elastisitasnya melebihi kapasitas kulit Anda. Untuk meminimalisirnya, selalu gunakan pelembap atau krim anti stretchmark sejak awal kehamilan. (baca: Rahasia Bebas Stretch Marks Saat Hamil)

7.Sakit punggung: Rasa nyeri pada punggung dapat muncul ketika Mamas to be membungkukkan badan ke depan, mengangkat beban berat, bangun dari tempat tidur, atau berdiri dari posisi duduk. Keluhan ini bisa muncul kapan saja pada calon mama, terutama di usia kehamilan 8 bulan ke atas. Kondisi ini terjadi karena adanya perubahan hormon, stres, kehamilan yang semakin membesar, hingga kurang olahraga saat hamil. (baca: Sakit Punggung Saat Hamil? Ini Cara Atasinya)

8.Pregnancy brain: Disebut juga momnesia, hingga saat ini belum diketahui pasti apa penyebabnya. Namun para ahli berpendapat bahwa perubahan hormon, sulit tidur saat hamil dan stres mempersiapkan persalinan dapat menurunkan fokus yang kemudian membuat Anda jadi mudah lupa. (baca: Pelupa Saat Hamil? Ini 5 Cara Mengatasinya)

9.Lebih sering buang air kecil: Perubahan hormon saat hamil membuat aliran darah dan cairan ke ginjal menjadi lebih cepat, sehingga membuat Anda jadi lebih sering buang air kecil. Selain itu, ukuran janin yang semakin besar dan posisinya yang berada di bawah panggul, memberi tekanan lebih kuat pada kandung kemih. (baca: Penyebab Calon Mama Sering Buang Air Kecil)

10.ASI bocor: Tubuh Anda saat ini sedang mempersiapkan diri untuk proses menyusui. (baca: Normalkah ASI ‘Bocor’ Saat Hamil?)

Untuk informasi lebih lanjut tentang kondisi di atas, Mamas dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares