Health

Ask the Expert: Apakah Sindrom PCOS Dapat Disembuhkan?

By  | 

Sindrom polikistik ovarium atau juga dikenal Polycystic Ovary Sindrom (PCOS), merupakan suatu kondisi kelainan hormonal yang cukup sering terjadi pada perempuan (10-15%). Sindrom PCOS merupakan suatu kondisi dimana seorang wanita mengalami gangguan hormon di usia subur. Wanita yang menderita PCOS mengalami gangguan menstruasi dan memiliki kadar hormon androgen (hormon maskulin) yang berlebihan.

Hormon androgen yang berlebih ini dapat mengakibatkan ovarium atau indung telur memproduksi banyak kantong-kantong berisi cairan. Hal ini mengakibatkan sel telur tidak dapat berkembang sempurna dan gagal dilepaskan secara teratur. Akibatnya, kondisi ini dapat menyebabkan penderitanya menjadi tidak subur (mandul). Tak hanya itu saja, penderita PCOS juga lebih rentan terkena obesitas, diabetes mellitus tipe 2, hipertensi, hingga peningkatan kolesterol dan trigliserida. Lalu apakah penderita PCOS sudah pasti sulit memiliki keturunan?

Berikut ini, dr. Gita Pratama, Sp.OG-KFER, MScRep, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrinologi, dan Reproduksi RS Pondok Indah IVF Centre, akan menjawab beberapa pertanyaan mengenai PCOS:

  1. Apakah penderita PCOS sudah pasti akan sulit memiliki keturunan?

“Tidak semua penderita PCOS sulit memiliki keturunan. Apabila pasien PCOS dapat menjaga pola hidupnya dengan sehat, menjaga berat badan ideal dengan diet sehat dan melakukan olah raga teratur, biasanya ovulasi bisa terjadi dan siklus haid menjadi teratur. Pada kondisi ini, penderita PCOS tidak memiliki kesulitan untuk hamil.”

  • Adakah solusi untuk menyembuhkan PCOS?

“Diperkirakan PCOS merupakan penyakit yang disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Faktor genetik tidak dapat diubah, namun faktor lingkungan dapat dikendalikan dengan menjaga pola hidup sehat, menjaga berat badan dengan diet sehat dan melakukan olahraga teratur. Kesimpulannya, PCOS tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikendalikan.”

  • Bagaimana perawatan untuk membantu penderita PCOS agar lebih mudah memiliki keturunan?

“Lini pertama penanganan penderita PCOS yang ingin memiliki keturunan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, menjaga berat badan dengan diet sehat gizi seimbang, dan melakukan olahraga teratur. Jika Mamas memiliki berat badan berlebih, turunkan berat badan 5-10 persen selama 6 bulan. Apabila belum berhasil, maka dokter akan mengkombinasikan dengan obat-obatan, seperti obat penyubur dan obat untuk menurunkan resistensi insulin. Jika belum berhasil juga, maka program bayi tabung (IVF) dapat meningkatkan keberhasilan kehamilan.” (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares