Health

Manfaat Cukup Minum Air Putih Bagi Calon Mama

By  | 

Baik saat hamil ataupun tidak, air putih adalah minuman yang sangat penting bagi tubuh kita. Dan ternyata ketika mengandung, air putih berfungsi dua kali lipat lebih penting bagi kesehatan Anda dan Si Janin.

Karena fungsi penting itulah, Mamas to be sebaiknya selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh Anda, termasuk diantaranya dengan banyak cukup minum air putih. Selama hamil, Mamas to be disarankan untuk minum air putih sebanyak 2-2.5 liter per hari.

Lalu, sebetulnya apa sih manfaat baik air putih untuk calon mama? Ini dia manfaatnya:

1.Peran air sangat krusial untuk membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh sel, jaringan, dan organ tubuh Mamas. Bagi janin, air juga berperan baik untuk mengantarkan nutrisi untuk membantu perkembangan janin.

2.Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cukup mengonsumsi air putih juga bisa mencegah Mamas dari dehidrasi yang bisa menyebabkan sakit kepala, kram, atau kelelahan yang kerap terjadi pada calon mama. Bahkan pada trimester ketiga, dehidrasi dapat memicu timbulnya kelahiran prematur. Oleh karena itu, jangan meremehkan peran air putih ya, Mamas to be.

3.Manfaat air putih tak sebatas itu saja, sebagian calon mama pun mengaku bahwa ternyata air putih dapat membantu mengatasi morning sickness dan heartburn.

4.Konstipasi atau sembelit merupakan keluhan yang sering dialami para calon mama. Nah, dengan minum air minimal 12-13 gelas per hari, maka hal ini akan menjauhkan Mamas to be dari sembelit sehingga bisa buang air besar dengan lancar.

5.Selain itu, pembengkakan kaki atau edema yang kerap dialami wanita hamil, ternyata juga bisa diminimalisasi jika Mamas to be mencukupi kebutuhan air per hari dengan baik. (Lenny Delima/Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares