Health

Panduan Praktis & Fun Hidup Sehat di Masa Pandemi

By  | 

A healthy mom is a great gift to a child. Yes Mams, penting sekali bagi kita untuk menjaga kesehatan fisik maupun mental diri sendiri, agar bisa fokus menjaga kesehatan keluarga. Apalagi di masa pandemi ini, mau tidak mau kita semua menjadi lebih aware dalam menjaga kesehatan. Tak heran kini banyak orang mulai menjalani pola hidup sehat. Pasalnya, selain meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat membantu mencegah ancaman virus Covid-19, pola hidup sehat juga memiliki berbagai benefit lain lho, Mams. Contohnya, mencegah penyakit kronis, menjaga kestabilan berat badan & yang tak kalah penting adalah terhindar dari stres.

Dilansir dari e-booklet kolaborasi Nutrifood X MUFIT, ada 4 cara praktis & fun untuk menjalani gaya hidup sehat di masa pandemi ini:

1.Pola Makan Sehat: #Batasi GGL

Isi Piring Makanan dengan Gizi Seimbang

Pola makan sehat berarti memenuhi gizi yang seimbang setiap harinya ya, Mams. Tidak perlu menghindari berbagai macam makanan, namun yang penting adalah asupan makanan tersebut yang wajib diatur. Pedomannya adalah sebagai berikut:

  • 2-4 Porsi Sumber Protein
  • 3-4 Porsi Sayur
  • 2-3 Porsi Buah
  • 3-4 Porsi Sumber Karbohidrat
  • Air putih 8 gelas

Batasi Gula, Garam & Lemak (GGL)

Nah yang satu ini juga sangat penting, perhatikan betul kadar dari ketiganya ya, Mams. Berikut ilustrasinya

Mengapa harus dibatasi?

Gula

Faktanya, 1 dari 16 orang di Indonesia mengidap Diabetes & berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) di tahun 2018, sebagian besar penyebab diabetes di Indonesia adalah gaya hidup yang kurang sehat. Dan seperti sudah kita ketahui bersama, diabetes dapat memicu komplikasi di bagian tubuh yang vital. Mulai dari gangguan penglihatan, penyakit kardiovaskuler (jantung & pembuluh darah), gangguan ginjal, hingga gangguan saraf penyebab luka & amputasi pada kaki. Oleh karena itu, perhatikan betul asupan gula sehari-hari ya, Mams, dan hal ini berlaku untuk seluruh keluarga.

Garam

Sama seperti gula, jika konsumsi garam tidak dibatasi, maka akan memicu berbagai penyakit yang cukup serius. Peningkatan konsumsi garam menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi, nah hal ini berisiko untuk memicu serangan jantung, stroke, juga gangguan ginjal.

Lemak

Lemak dalam hal ini lemak jahat ya, Mams, karena lemak jahat memiliki energi lebih tinggi dibandingkan nutrisi lainnya, sehingga dapat memicu obesitas, penyakit kardiovaskuler, & peningkatan kolesterol jahat. Jika Mams penyuka makanan berlemak, coba ganti asupan dengan lemak baik seperti alpukat, ikan, kacang-kacangan, juga dark chocolate.

2.Tetap Gerak


Beraktivitas #DiRumahAja membuat kita jadi kurang gerak ya, Mams, hal ini juga bisa memicu obesitas & gangguan kesehatan lainnya. Yuk, ajak keluarga untuk tetap bergerak dengan melakukan olahraga rutin, sekaligus jadi momen quality time sekeluarga. Berdasarkan rekomendasi dari WHO, berolahragalah minimal 150 menit per minggu atau 30 menit setiap hari.

Olahraga bisa dilakukan di rumah maupun outdoor, Mams, jadi jika mamas atau pasangan tidak cukup waktu untuk ke luar rumah, olahraga di dalam rumah pun sudah cukup. Misalnya, jalan berkeliling ruangan, yoga, pilates, juga body balance. Mengikuti kelas zumba atau combat juga bisa jadi pilihan, begitu pula body weight exercise seperti push up, plank, squat & sit up.

Jika memilih untuk berolahraga indoor secara online maka pastikan koneksi internet lancar ya, jangan lupa gunakan gadget yang juga mumpuni, sehingga sesi olahraga bisa maksimal. Sirkulasi udara dalam rumah juga penting untuk diperhatikan & yang pasti banyak minum air putih.

Nah untuk mamas & keluarga yang memilih olahraga outdoor, jogging, atau bersepeda bisa dijadikan pilihan. Pastikan area yang dilalui adalah ruang yang terbuka luas & tidak ramai. Penggunaan masker tetap diwajibkan, namun jika mamas kesulitan bernapas, bisa saja dilepas asalkan tetap menjaga jarak.

3.Tidur Cukup

National Sleep Foundation merekomendasikan waktu tidur yang cukup adalah 7-9 jam per hari. Pasalnya, tidur yang cukup berpengaruh terhadap kesehatan mental yang baik, memaksimalkan fungsi otak, meningkatkan imun tubuh, serta menjaga kestabilan berat badan. Beruntung, saat ini kita lebih banyak beraktivitas di rumah ya, Mams, sehingga jadwal tidur relatif tidak terganggu. Nah, agar tidur mamas berkualitas, lalukan 6 cara berikut:

1.Buat jadwal tidur rutin setiap harinya, termasuk weekend.

2.Lakukan kegiatan yang rileks menjelang tidur, misalnya meditasi atau mendengar lagu yang berirama tenang.

3.Pastikan tidur dalam keadaan gelap & sejuk.

4.Hindari minum kafein menjelang waktu tidur.

5.Stop penggunaan gadget minimal 30 menit sebelum tidur.

6.Hindari tidur siang terlalu lama.

4.Menjaga Kesehatan Mental


Mams, kondisi sekarang ini memang memicu rasa cemas & stres ya, namun jika kita terus menerus diliputi rasa khawatir, maka kesehatan fisik juga akan terganggu. Yang pertama-tama harus dilakukan adalah mengubah mindset kita sendiri bahwa kita memang harus menerima & beradaptasi dengan kondisi yang baru. Meski awalnya menakutkan, ternyata kondisi saat ini banyak hikmahnya juga, kan? Misalnya, mamas jadi memiliki waktu yang lebih banyak dengan keluarga, atau menemukan hobi yang baru. 7 tips berikut ini layak dicoba:

1.Meditasi atau praktik mindfulness setidaknya 5-10 menit setiap hari.

2.Istirahat yang cukup: 7-9 jam per hari

3.Sempatkan untuk ngobrol bersama the girls maupun keluarga secara virtual.

4.Lakukan hobi atau temukan hobi yang baru, misalnya masak, bercocok tanam, dekor rumah, atau memelihara pet.

5.Rutin berolahraga, selain sehat bisa membantu melepas hormon endorfin yang membuat kita merasa lebih bahagia.

6.Me time dengan perawatan tubuh seperti pijat, luluran, atau menggunakan makser wajah.

7.Berpikir lebih positif, misalnya dengan mencatat 3 hal yang patut disyukuri setiap harinya.

Well Mams, yuk mulai sekarang terapkan gaya hidup sehat dengan 4 cara tadi, praktis kan? Share juga info di atas dengan sesama smart mamas ya… Stay healthy, stay safe & be happy! (Karmenita Ridwan/Photo: Dok. E-Booklet Nutrifood X MUFIT, Freepik.com)

Shares