Parenting

Menyikapi Si Kecil yang Suka Meniru Sang Mama

By  | 

Seiring bertambahnya usia, tentu ketertarikan Si Kecil akan sesuatu mulai berubah, termasuk diantaranya adalah suka meniru kebiasaan sang mama.

Ketika masih kecil, Mamas dengan anak perempuan tentu terbiasa mendandani Si Kecil, namun saat mulai menginjak usia balita, Si Kecil mulai suka bergaya sendiri. Ia jadi mulai suka memakai lipstick, sering berkaca, dan mungkin mulai mencoba sepatu hak tinggi sang mama.

Mungkin Anda jadi bertanya-tanya apakah mencoba-coba make up dan meniru gaya orang dewasa adalah hal yang wajar? Dan bagaimana seharusnya kita menyikapi hal ini?

“Si Kecil dengan usia 5-8 tahun memang kerap meniru orang dewasa. Apa yang mereka lakukan ini semata-mata hanya merupakan bentuk permainan peran, dan peran yang mereka tirunya biasanya adalah sosok yang paling dekat atau dikaguminya,” jelas Dr. Denrich Setiyadi, Phycologist & Parenting Expert, di sela-sela acara Parenting Talk bersama Amara Kids Cosmetics.

Di acara yang berlangsung di Gandaria City Mall pada tanggal 27 Desember 2020 lalu ini, Dr. Denrich juga menjelaskan bagaimana sebaiknya kita sebagai orangtua menyikapi hal ini, yaitu dengan:  

1.Tak perlu merasa khawatir

Dr. Denrich meyarankan agar Mamas tidak perlu merasa khawatir. Di usia ini Si Kecil memang tengah hobi menirukan sosok-sosok yang mereka anggap sebagai role model mereka.

Jadi jika anak mulai suka berdandan, Mamas justru bisa sedikit berbangga diri. Melihat hobi barunya ini,  artinya Si Kecil tumbuh dengan cerdas dan Mamas merupakan sosok yang dikaguminya, hingga ia meniru apa yang Mamas sering lakukan. Mamas hanya perlu mengawasi dan memberikan nasihat agar Si Kecil tidak berdandan berlebihan.

2.Mendukung hobi baru Si Kecil

Jika saat ini Si Kecil sedang senang-senangnya berdandan, yang perlu Mamas lakukan adalah memastikan produk yang dipakai Si Kecil aman untuknya. Jangan biarkan ia menggunakan produk makeup untuk dewasa ya Mams, karena kondisi kulit Si Kecil masih sangat sensitif.

Mamas bisa memberi Si Kecil makeup yang memang dikhususkan untuk anak-anak seperti Amara Kids Cosmetics. Kandungan Amara kids Cosmetics dibuat khusus untuk kulit anak kecil dan sangat aman karena sudah terdaftar di BPOM. Rangkaian makeup dari Amara Kids Cosmetic ini juga lengkap Mams, dari pallet makeup yang berisi eyeshadow, blush on dan compact powder. Ada pula nail polish, mini lipstick serta spray cologne khusus untuk anak. Mamas juga tidak perlu pusing lagi memikirkan lipstick yang patah atau bedak yang hancur berantakan karena kini Si Kecil sekarag ini sudah punya makeup sendiri.

3.Luangkan waktu untuk bermain dengan Si Kecil

Si Kecil yang mulai suka berdandan harus selalu Mamas dampingi di setiap aktivitasnya. Bermain makeup bersama Si Kecil bisa menjadi momen yang menyenangkan lho, Mams. Di momen ini Mamas juga dapat melatih kemampuan kognitif Si Kecil lewat mix & match warna, serta mengenalkan Si Kecil tentang masing-masing fungsi dari produk makeup yang digunakannya.

Yang terakhir, jangan lupa selalu ingatkan Si Kecil untuk membersihkan wajahnya kembali setelah menggunakan makeup. Walaupun terlihat sangat sepele, namun saat melakukan hal ini pun Mamas juga bisa sambil melatih motoriknya lewat gerakan ketika ia memutar kapas ke seluruh wajahnya. Sebaiknya, Mamas juga membantu Si Kecil saat membersihkan riasannya sekaligus menanamkan tentang pentingnya membersihkan wajah hingga dewasa nanti. Jangan lupa gunakan pembersih wajah yang aman pula untuk anak ya, Mams! Bila Si Kecil menggunakan Amara Kids Cosmetics, ia dengan mudah bisa membersihkan sisa makeup di wajahnya cukup dengan air atau baby oil. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Amara Kids Cosmetics)

Shares