Health

7 Tanda Anda Sedang Mengalami Stres

By  | 

Gejala stres bisa berbeda-beda dari satu orang ke orang lain. Kenali kondisi diri Anda agar stres yang Anda alami tak berlanjut ke arah depresi.

Meski tak selalu sama, namun gejala stres yang paling umum dialami adalah ketika Anda merasa tertekan atau kewalahan akan suatu hal. Walau begitu, terkadang Anda tak juga menyadari kondisi ini. Karena itu, kenali gejala lain yang mungkin saja Anda alami.

Berikut ini adalah beberapa gejala lain dari stres yang bisa Anda kenali:

1.Keluhan fisik

Bisa jadi Anda tiba-tiba sering mengalami sakit perut, sakit kepala, nyeri dada, mual, dan diare. Kondisi lainnya seperti sensasi mati rasa atau kesemutan di tangan, lengan, dan wajah juga sangat mungkin Anda alami.

2.Masalah komunikasi

Anda yang sebelumnya tak ada masalah dalam berkomunikasi dengan orang terdekat, saat ini merasa kesulitan bergaul dengan pasangan, anggota keluarga, teman dan orang lain.

3.Perubahan perilaku

Mamas yang biasanya penyabar dan tak mudah emosi tiba-tiba jadi lebih sensitif, bertemperamen pendek, serta mudah marah atau menangis dengan alasan yang tidak dapat dijelaskan.

4.Regresi

Perubahan perilaku yang tidak sesuai dengan usia.

5.Gangguan pola tidur

Mamas mungkin juga akan mengalami gangguan tidur seperti mimpi buruk, kurang tidur, sulit tidur, atau bahkan terlalu banyak tidur.

6.Perubahan kepribadian

Anda yang biasanya ceria dan ‘ramai’ berubah menjadi pendiam atau membutuhkan lebih banyak perhatian dari biasanya.

Ketika Anda merasa mengalami gejala-gejala di atas, jangan segan untuk membicarakan hal ini pada pasangan atau orang terdekat Anda ya, Mamas. Cari tahu akar masalahnya dan coba selesaikan. Bila tak berhasil, tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan psikolog. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares