Mind

6 Cara Mengatasi Rasa Malas

By  | 

Rasa malas melakukan apapun tentu pernah dialami oleh siapapun. Kondisi ini tentunya membuat kita jadi menunda banyak hal yang harusnya dapat dilakukan tepat waktu.

Rasa malas membuat kita tidak ingin melakukan apapun di hari itu. Hal ini sangat wajar Anda alami.Walau begitu, pastikan kondisi ini tidak berlarut-larut.

Lakukan beberapa trik berikut ini agar Anda bisa lebih produktif meski rasa malas sedang melanda.

1.Berpikir positif.

Tahukah Anda Mamas, bahwa memiliki pikiran negatif sebelum melakukan sesuatu efeknya sangat besar? Contohnya saja ketika Anda berpikir, “Saya malas melakukan ini karena sepertinya akan sangat menyulitkan”.

Jadi, daripada berpikir negatif, lebih baik pikirkan hal positif seperti, “Ini adalah hal yang sudah saya pilih, maka saya bertanggung jawab untuk menyelesaikannya”, atau, “Saya pasti bisa mengerjakannya karena saya memang mampu!”. Kata-kata positif meski terlihat sederhana namun bisa mengubah mood Anda untuk segera beraktivitas.

2.Cari tahu masalahnya.

Cari tahu apa yang jadi penyebab sehingga Anda begitu malas melakukan apapun apakah masalah konsentrasi, atau yang lainnya. Caranya dengan melakukan satu hal yang benar-benar diinginkan selama 30 menit tanpa berhenti. Kalau Anda bisa menyelesaikan setengah perjalanan dan merasa terus bersemangat menyelesaikannya, maka Anda memang tengah dilanda rasa malas. Tapi saat Anda bahkan tak mampu menyelesaikannya hingga setengah perjalanan, Anda mungkin tengah memiliki masalah lain yang membuat Anda sulit berkonsentrasi.

3.Konsekuensi.

Segala sesuatu tentu ada konsekuensinya. Pikirkan tentang apa yang akan terjadi jika Anda tidak melakukannya, tentang kerugian yang akan didapat jika Anda tidak melakukan hal-hal tersebut. Dan apa konsekuensinya jika Anda tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan?

4.Buat skala prioritas.

Meliihat tumpukan pekerjaan yang belum terselesaikan tentu sudah membuat kita malas sebelum mengerjakannya.  Karena itu, buatlah to-do list. Cara ini akan membantu Anda mengurangi rasa malas. Tentukan tiga hal utama yang skala prioritasnya paling tinggi dan selesaikan. Lalu lanjutkan dengan melakukan tiga hal lain dengan skala prioritas seperti tadi.

5.Pikirkan akan manfaat / hasil yang didapat.

Fokuslah pada manfaat yang akan Anda dapat dan jangan sekali-kali memikirkan kesulitannya. Dengan begitu Anda akan lebih bersemangat melakukannya.

6.Reward yourself. Memberi reward pada sendiri akan membuat Anda lebih semangat. Saat tugas selesai, beri diri Anda hadiah yang Anda sukai. (Tammy Febriani/KR/Photo: Freepik)

Shares