Health

Trik Menghitung Kontraksi dan Kapan Waktunya ke Rumah Sakit

By  | 

Mengetahui waktu kontraksi dapat memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang tahap persalinan Anda dan memberi tahu kapan waktunya Anda untuk pergi ke rumah sakit.

Kontraksi bukanlah sensasi yang menyenangkan, tetapi setiap kram yang Anda rasakan merupakan indikasi bahwa Anda akan segera bertemu dengan bayi Anda. Karena itu, mengenali jarak waktu kontraksi akan sangat membantu. Semakin dekat kontraksi Anda, semakin dekat Anda untuk melahirkan!

Kapan sebaiknya mulai menghitung waktu kontraksi?

Mulailah menghitung waktu kontraksi segera setelah Anda mengalami dua atau tiga kontraksi yang tampaknya cukup teratur. “Jika Anda mengalami satu atau dua kali kontraksi, tunggulah yang ketiga kali – saat itu Anda akan tahu apakah itu kontraksi palsu atau bukan!,”kata Cheryl MacDonald, penulis buku tentang metode persiapan melahirkan berjudul Birth Rocks.

Kontraksi Anda akan terasa seperti campuran antara pengalaman menstruasi yang sangat buruk dan sembelit. Rasa sakit mungkin dimulai dari area punggung bawah dan bergerak ke arah perut Anda atau tetap di area punggung Anda. Setiapwanita merasakan pengalaman yang berbeda-beda.

Pertama-tama, Kontraksi ini mungkin akan berlangsung sekitar satu menit dan terjadi setiap 15 menit atau lebih. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak ada pola yang tetap, jadi jangan khawatir jika tidak teratur.

Apa cara terbaik untuk menghitung waktu kontraksi?

Ada banyak aplikasi yang dapat Anda unduh untuk menghitung kontraksi Anda. Meminta bantuan suami juga bisa jadi keputusan yang tepat, mengingat rasa sakit akibat kontraksi yang Anda alami bisa membuat Anda kurang fokus dalam menghitung waktu. Namun ketika Anda sudah mengetahui dengan pasti jarak antar kontraksi, maka Anda tak perlu terus menerus menghitungnya.

“Anda tidak perlu menghitung waktu selama proses persalinan karena tujuan utama menghitung waktu adalah untuk menentukan apakah Anda benar-benar dalam proses persalinan, jadi setelah Anda mengetahui jawabannya, Anda bisa berhenti,” kata Cheryl.

Kapan sebaiknya pergi ke rumah sakit?

Pergilah ke rumah sakit ketika kontraksi Anda muncul setiap lima atau enam menit, karena persalinan Anda sudah dekat.

‘Jika kontraksi muncul tidak teratur, itu bisa berarti Anda mengalami braxton hicks dan itu adalah persalinan palsu,’ kata Cheryl. Namun akan tetap selalu lebih aman bila Anda menelepon rumah sakit atau menghubungi dokter kandungan Anda untuk memastikannya ya, Mamas. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares