Health

Mams, Ini Lho Buah dan Sayur yang Sebaiknya Tak Masuk Kulkas!

By  | 

Selama ini kita terbiasa menyimpan beragam makanan, termasuk buah dan sayur, di dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya. Namun ternyata, tak semua buah dan sayur bisa disimpan di dalam kulkas lho, Mamas.

Pada beberapa buah dan sayur, suhu dingin kulkas memang dapat memperpanjang usia buah atau sayuran tersebut. Namun ini tak berlaku pada beberapa buah dan sayur lainnya. Menyimpannya di dalam kulkas justru akan membuatnya lebih cepat mengalami perubahan rasa, kesegaran, bahkan berjamur.

Lalu apa saja buah dan sayur yang sebaiknya tak perlu disimpan dalam kulkas? Cek disini ya, Mamas!

1.Alpukat. Alpukat yang masih keras, sebaiknya jangan disimpan di kulkas ya, Mamas. Menyimpan alpukat di dalam kulkas hanya akan memperlambat proses pematangan.

2.Pisang. Menyimpan pisang di dalam kulkas akan membuat kulitnya lebih cepat menghitam. Cukup letakkan pisang di tempat yang jauh dari paparan cahaya berlebih. Mamas juga dapat menutupi bagian batang pisang dengan pembungkus plastik agar pisang tetap segar.

3.Semangka dan Melon. Cara paling baik dan aman menyimpan semangka dan melon adalah ditaruh di tempat sejuk dan teduh bersuhu ruangan. Namun setelah dipotong, simpan di dalam wadah tertutup agar tidak terkena udara kulkas yang akan mempengaruhi rasa dan tekstur, serta kandungan antioksidannya

4.Tomat. Tahukah Anda Mamas, bahwa suhu dingin di dalam kulkas dapat membuat rasa tomat menjadi hambar? Tomat pun jadi kisut dan tak segar lagi. Simpan saja tomat di atas meja dapur Anda. Namus pastikan tomat terlindung dari paparan langsung sinar matahari ya..

5.Kemangi. Anda yang pecinta lalapan, sebaiknya memahami hal ini. Menyimpan kemangi di dalam kulkas tidak akan membuatnya segar, melainkan sebaliknya. Kemangi yang disimpan terlalu lama di dalam kulkas akan membuat kemangi jadi cepat layu. Tips dari kami, letakkan saja kemangi di dalam wadah berisi air.

6.Kentang. Ketika Mamas menyimpan kentang di dalam kulkas, maka suhu di dalam kulkas dapat lebih cepat mengonversi zat pati pada kentang menjadi gula, dan hal ini dapat memengaruhi tekstur dan juga rasa dari kentang. Tekstur kentang akan berubah menjadi kasar serta keras, dan rasanya pun akan jadi manis. Meski tak menyimpannya lagi di dalam kulkas, bukan berarti menyimpan kentang di dalam kantong plastik kedap udara jadi solusinya. Cara ini justru akan membuat kentang jadi lebih cepat busuk. Cara yang terbaik, bungkus kentang mengunakan kertas.

7.Bawang. Suhu yang lembap dalam kulkas juga akan merusak kualitas bawang. Selain merusak lapisan yang melindungi permukaan bawang, pada bawang bombai, akan berubah menjadi kusam, lembek, dan cepat berjamur. Simpan saja bawang di tempat yang kering namun tetap memiliki sirkulasi udara yang baik. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares