Health

Jangan Salah, Ini Perbedaan Bidan dan Doula!

By  | 

Bila sebelumnya Anda menganggap doula sama dengan bidan, meski tugasnya telihat sama, namun peran keduanya tak bisa disamakan.

Walaupun keduanya sama-sama bertugas membantu proses kelahiran, namun doula tidak memberikan bantuan medis apa pun terhadap Si Calon Mama. Hal ini dapat terjadi karena sertifikasi yang dimiliki doula tidak sama dengan bidan. Bahkan, doula tidak diizinkan terlibat dalam tindakan medis apa pun selama proses persalinan.

Kata “doula” berasal dari bahasa Yunani yang berarti pelayan wanita. Sosok doula sebenarnya sudah ada sejak zaman Yunani Kuno. Pada saat itu doula merupakan seorang tenaga profesional yang berperan besar dalam memberikan dukungan bagi Si Calon Mama, baik dukungan secara emosional, fisik, dan pengetahuan tentang persalinan dan motherhood. Peran doula disini sangat besar untuk membantu seorang ibu menjalani pengalaman bersalin yang aman dan nyaman.

Seorang bidan merupakan tenaga medis profesional yang terlatih karena telah menempuh pendidikan khusus hingga mendapatkan sertifikasi. Seorang bidan bersertifikat dapat melakukan pemeriksaan ginekologi, memberikan perawatan prenatal, memberikan obat penghilang rasa sakit dan obat penginduksi persalinan pada ibu hamil, hingga dan melkukan tindakan medis pada perdarahan pascapersalinan. Pada bayi, bidan akan memantau janin dengan menggunakan alat, membantu proses persalinan secara normal, ataupun resusitasi bayi.

Kesimpulannya, perbedaan doula dan bidan terletak pada jenis pelayanannya ya, Mamas. Peran doula lebih mengarah pada pelayanan psikis, pengetahuan seputar kehamilan, dan menyusui, serta bantuan lainnya yang bersifat nonmedis. Sedangkan bidan lebih berperan terhadap tindakan medis untuk ibu hamil. Bidan umumnya juga tidak memberikan bantuan psikis seperti yang dilakukan doula.

Jenis – Jenis Doula

Doula terdiri atas 2 jenis, yaitu birth doula dan postpartum doula. Pada birth doula, ia berperan mendampingi ibu hamil di saat-saat menjelang persalinan. Doula akan memberikan teknis nonmedis selama persalinan, seperti memijat, teknik bernapas, hingga membantu ibu bergerak ke posisi tubuh yang berbeda.

Jenis kelahiran apapun yang akan dijalani oleh calon Mama, seorang doula akan berada di sisi Anda untuk membantu Anda merasa nyaman dan kuat, mengurangi ketakutan, serta kecemasan calon mama menjelang persalinan,

Sedangkan postpartum doula, akan merwat ibu yang baru saja melahirkan. Disini doula bertugas membantu mama yang baru pulih dari proses persalinan, seperti merawat bayi, membimbing mama dalam proses menyusui, dan hal lainnya.

Jadi, sekarang Mamas sudah paham kan, kapan Anda membutuhkan doula, dan kapan Anda harus mengunjungi bidan Anda? (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares