Health

Vaksinasi Si Kecil di Masa Pandemi, Apa Saja Yang Harus Diperhatikan?

By  | 

Tujuan dari vaksinasi adalah untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu pada bayi. Namun saat pandemi, banyak hal yang harus diperhatikan untuk menghindari berbagai hal yang tak diinginkan terjadi pada Si Kecil.

Salah satu hal himbauan yang disarankan saat pandemi Covid-19 adalah, bagi Si Sehat sebisa mungkin menjauhi rumah sakit. Hal ini sangat penting dilakukan demi menghindari risiko tertular virus Covid-19. Kondisi ini juga berlaku ketika membawa bayi atau anak ke rumah sakit untuk imunisasi. Padahal faktanya, imunisasi sangat penting untuk dilakukan dan harus dituntaskan sebelum anak memasuki usia dewasa. Lalu bagaimana bila Si Kecil sudah waktunya divaksin?

Menurut dr. Atilla Dewanti, Sp.A, Dokter Spesialis Anak RSIA Brawijaya, vaksinasi dasar sebaiknya tidak ditunda. “Apabila harus ditunda, namun maksimal hanya dua minggu,” jelasnya di sela-sela “Expert Class” Johnson’s Parents Club beberapa waktu lalu.

dr. Atilla menambahkan, agar saat akan membawa Si Kecil vaksin, sebaiknya Mamas memperhatikan beberapa hal berikut ini:

-Pilih rumah sakit yang membedakan poli anak sakit dan anak sehat.

-Buat apoinment terlebih dahulu, agar saat tiba di poli, bisa langsung masuk, suntik dan pulang. Tak perlu menunggu lama di poli.

-Siapapun yang mengantar Si Kecil ke poli,  dalam keadaan sehat. Jadi tidak menulari anak-anak lain disana.

-Gunakan masker kain selama keluar rumah.

-Bila usia Si Kecil di atas 6 bulan dan ia mau pakai masker, maka bisa dipakaikan. Tapi bila Si Kecil tak mau memakai masker maka jangan dipaksa. Dikhawatirkan ia akan menari-nari masker atau malah banyak menyentuh mata, hidung dan mulutnya. Kalau Si Kecil usianya di atas 2 tahun, maka disarankan menggunakan masker.

-Pastikan physical distancing.

(Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares