Interior Design

5 Tanaman Hias untuk Kualitas Tidur Lebih Baik

By  | 

Tahukah Anda Mamas, bahwa udara di sekitar kamar juga bisa memengaruhi kualitas tidur Anda? Tidur di lingkungan dengan udara yang bersih akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan segar ketika bangun di keesokan hari.

Mamas atau pasangan yang sedang sulit tidur atau membutuhkan kualitas tidur yang lebih baik, maka ada baiknya memerhatikan kualitas udara di kamar tidur Anda. Selain air purifier yang harganya bisa dibilang tak murah, Anda juga bisa memilih tanaman hias untuk diletakkan di kamar tidur Anda. Tak hanya lebih terjangkau, secara estetika, tanaman hias ini juga dapat mempercantik kamar tidur Anda.  

Freddie Blackett, co-founder plant delivery website Patch, menyarankan agar Mamas memilih tanaman hias yang dapat bertahan di tempat yang minim pencahayaan dan tak membutuhkan banyak sinar matahari. Saran lainnya, jangan lupa memenuhi kebutuhan air tanaman Anda meski ia bukan tanaman yang ‘rewel’.

Berikut ini adalah beberapa tanaman hias rekomendasi Freddie, yang bisa memperbaiki kualitas udara di kamar tidur Anda:

1.Lidah Mertua. Ada dua keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika meletakkan tanaman  yang memiliki nama latin sansevieria ini di kamar tidur Anda. Yang pertama adalah sangat mudah perawatannya karena tanaman Lidah Mertua dapat bertahan di hampir semua kondisi cahaya, dan tidak harus disiram setiap hari. Yang kedua, ia dapat menghisap racun dari udara kamar Anda di siang hari  dan kemudian melepaskan oksigen di malam hari.

2.Peace Lily. Bunga putih cantik dengan dedaunan hijau mengkilap ini masih tetap berbunga meski mendapatkan cahaya yang cukup rendah. Menurut Freddy, Peace Lily sangat baik untuk memurnikan udara, sangat ideal untuk kamar tidur, dan juga dapat meningkatkan kelembaban di kamar Anda. Anda pun bisa bernapas lebih lega di malam hari.

3.Sirih Gading. Tanaman Sirih Gading sangat efekstif dalam menyerap toksin dan udara kotor di sekitarnya. Dan sama seperti kedua tanaman sebelumnya, tanaman gantung ini bisa tetap hidup meski dengan pencahayaan rendah. Walau begitu, ada baiknya di siang hari Anda memberinya kesempatan untuk mendapatkan sinar matahari yang lebih terang, agar tumbuh lebih subur.

4.Parlour Palm. Terpilih sebagai 50 tanaman terbaik yang dapat memurnikan udara versi NASA, tanaman yang satu ini juga bisa jadi penghias kamar tidur Anda. Meski ukurannya lebih besar dari tanaman sebelumnya, namun ia membutuhkan perawatan yang minim. Walau begitu, setiap beberapa hari sekali, ada baiknya Mamas tetap memberi tanaman ini sinar matahari langsung.

5.Lidah Buaya. Sama seperti Lidah Mertua, Lidah Buaya juga melepaskan oksigen di malam hari, sehingga dapat meningkatkan kualitas udara saat Anda tidur. Lidah Buaya juga tanaman yang mudah untuk diurus, hanya membutuhkan penyiraman sesekali. Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa ia membutuhkan banyak cahaya, jadi pilih saja area kamar tidur yang lebih banyak pencahayaan sinar matahari di siang hari, dan letakkan tanaman ini disitu. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares