Style

Tip Sukses Potty Training

By  | 

Potty training bisa jadi hal yang tak mudah baik bagi Mama maupun Si Kecil. Mengenali kesiapan Si Kecil dan menerapkan beberapa tips tentang potty training bisa mempermudah Anda dan Si Kecil melewati tahapan ini.

Saat mengenalkan potty training, tentunya tiap anak menunjukkan respons yang berbeda. Ada anak yang hanya membutuhkan waktu kurang dari seminggu untuk langsung memahami konsep ini dan mempraktikannya. Namun ada pula anak yang membutuhkan waktu hampir setahun untuk mengerti konsep dari potty training! Melelahkan? Sudah pasti.

Lalu, apa ya yang menjadi penyebab setiap anak berbeda merespon? Jawabannya adalah waktu. Menurut Baby Center, beberapa anak sudah mulai mengembangkan keterampilan fisik dan kognitif yang dibutuhkan untuk berlatih potty training sejak usia 18 sampai 24 bulan. Walau begitu, ada pula yang belum siap sampai mereka berumur 3 atau 4 tahun. Kesiapan ini biasanya terjadi sedikit lebih lambat pada anak laki-laki daripada anak perempuan.

Selain waktu, seorang psikolog dari Yale Child Study Center, Yale University, Jodie M. Ambrosino, PhD., mengungkapkan bahwa faktor psikologis anak juga sangat berpengaruh pada waktu yang dibutuhkan setiap anak untuk memahami proses potty training. Tergantung pada kesiapan mereka.

Seorang anak dikatakan siap untuk potty training adalah ketika ia sudah bisa menahan untuk tidak buang air kecil setidaknya dua jam lamanya. Ia juga sudah bisa mengenali tanda kalau ia ingin buang air kecil maupun buang air besar, meniru kegiatan orang lain di kamar mandi.

Tips Potty Training untuk Si Kecil

Ketika Mamas sudah mendapati Si Kecil menunjukkan tanda-tanda tadi, maka Mamas sekarang ini sudah bisa mencoba potty training. Terapkan beberapa tip berikut ini agar potty training terasa lebih mudah:

1.Pemilihan waktu dan situasi yang tepat. Saat yang paling kondusif untuk mengajarkan potty training adalah saat Si Kecil berada di rumah. Saran kami, sebaiknya Mamas sudah sukses melatih potty training sebelum Si Kecil mulai bersekolah. Karena, salah satu syarat Si Kecil sudah siap bersekolah adalah kemampuannya untuk buang air kecil sendiri.

2.Bawa Si Kecil ke toilet setelah ia sarapan atau sebelum mandi.  Kemudian secara bertahap, tingkatkan frekuensinya.

3.Jika ada sedikit kekacauan yang terjadi selama proses potty training, bersihkan dan sikapilah hal tersebut dengan tenang dan sabar. Sarankan kepada si Kecil untuk mencobanya lagi kali berikutnya.

4.Perhatikan selalu perubahan postur tubuh, gerak-gerik, atau ekspresi wajah Si Kecil saat ia harus pergi ke toilet.

5.Minta Si Kecil menekan sendiri tombol flush. Hal ini bisa jadi hal yang membanggakan bagi Si Kecil. Ia pun akan lebih semangat berlatih potty training.

6.Sabar jadi hal yang sangat penting. Hindari terlalu memaksa Si Kecil untuk lekas memahami konsep potty training ini. Tahan diri untuk memarahi Si Kecil jika perkembangan potty training-nya berjalan dengan lambat. Memarahi Si Kecil bisa memadamkan semangatnya.

7.Pujilah Si Kecil atas kesuksesannya dalam menyelesaikan proses buang air kecil dan buang air besar.

8.Gunakan potty trainer agar potty training Si Kecil terasa lebih mudah.

Babyloo 3 in 1 Potty Training Seat

Babyloo merupakan brand anak Amerika dengan material berkualitas tinggi, aman dan fungsional. Salah satu produk andalan Babyloo adalah 3 in 1 Potty Training Seat. Dengan desainnya yang unik dan ergonomis, 3 in 1 Potty Training Seat ini memiliki fitur high-back untuk stabilitas dan kenyamanan Si Kecil. Untuk keamanannya, Mamas tak perlu khawatir karena terdapat non-slip grip yang mencegah Si Kecil terpeleset dan memastikan Si Kecil tetap aman selama menggunakannya. Potty Training Seat ini juga memiliki insert yang dapat dilepas sehingga mudah dibersihkan.

Potty Training Seat dari Babyloo ini memiliki konsep 3 in 1, yaitu step, seat and potty, yang bisa digunakan oleh Si Kecil berusia 12 bulan hingga enam tahun. Diawali dengan Starting Out bagi Si Kecil berusia 12 bulan hingga 24 bulan, dimana Si Kecil bisa duduk dan BAK atau BAB Potty Training Seat ini. Di stage berikutnya, Si Kecil yang telah lebih besar, yaitu usia 2 – 4 tahun, sudah bisa lebih mandiri. Jadi Mamas bisa melepaskan insert potty dan meletakkan Potty Trainer Seat ini langsung ke toilet seat. Di stage terakhir, yaitu saat Si Kecil sudah berusia 4 – 6 tahun, Mamas bisa melepaskan tangga Potty Trainer ini dan hanya menggunakan potty seat – nya saja di toilet seat kamar mandi Anda.

Babyloo Potty Seat Folding

Melatih potty training sebenarnya tak hanya bisa dilakukan di rumah saja. Saat sedang berada di luar rumah pun, Mamas juga bisa menerapkan potty training dengan menggunakan Babyloo Potty Seat Folding.

Potty seat untuk anak usia 1 hingga 6 tahun ini bisa dibawa kemana saja saat Si Kecil bepergian, sangat ringkas dan juga praktis karena bisa dilipat. Membawa potty seat ini juga akan menjaga Si Kecil tetap higienis saat berada di public toilet, mudah dibersihkan, kokoh dan tahan lama, anti-slip feature, dan Mamas pun dapat menerapkan potty training ini dimana saja.  

Selain kedua produk di atas, Babyloo masih memiliki beragam produk lainnya yang dapat mendukung Mamas dalam merawat Si Kecil. Untuk memandikan Si Newborn misalnya, Mamas bisa menggunakan Ergo Cradle Bath. Pada bayi yang sudah lebih besar, Babyloo shower cap bisa jadi pilihan agar mata Si Kecil terhindar dari busa shampo. Dan ketika bayi Mama sudah memasuki masa MPASI, 3 in 1 Chair & Desk bisa jadi solusi agar proses makan Si Kecil lebih menyenangkan.

-Ergo Bath Cradle

Produk yang satu ini pas sekali untuk mendukung new mama saat memandikan Si Newborn. Ergo Bath Cradle memiliki sandaran yang lembut, anti-slip sehingga tidak licin, dan stabil. Ergo Bath Cradle ini juga didesain sedemikian rupa sehingga air selalu mengalir keluar dan tidak menimbulkan genangan air. Risiko Si Kecil terpleset dan tenggelam pun tak akan terjadi.

Babyloo Shower Cap

Lindungi mata dan wajah Si Kecil agar tetap kering saat keramas, dengan menggunakan Babyloo Shower Cap. Terbuat dari material silikon berkualitas tinggi, shower cap ini tahan air serta mudah dibersihkan. Shower cap ini juga dilengkapi dengan strap yang dapat disesuaikan dengan lingkar kepala Si Kecil.

-3 in 1 Desk & Chair

Si Kecil yang sudah mulai memasuki masa MPASI, bisa menggunakan 3 in 1 Desk & Chair ini. Keistimewaan 3 in 1 Desk & Chair ini karena memiliki 3 fungsi yang berbeda, yaitu sebagai high chair, rocker seat, dan juga seat & table combo. Tentunya, selain multifungsi, produk ini juga tahan lama ya, Mamas! Karena dapat digunakan sejak Si Kecil berusia enam bulan hingga usia balita.

3 in 1 Desk & Chair ini memiliki modular design dengan easy release system yang akan memudahkan Mamas melepas dan memasang inner tray maupun mengalihfungsikan high chair ke fungsi yang lain. Si Kecil juga akan terjaga keamanannya karena adanya seat safety straps yang akan melindunginya dari jatuh saat duduk di atas kursi. Tempat duduknya pun terasa nyaman karena adanya busa yang empuk baik pada alas maupun sandaran kursi.  

Selain produk-produk di atas, Babyloo masih memiliki beragam varian produk baby and kids lainnya. Mamas dapat mengunjungi semua store Toys Kingdom untuk mendapatkan produk-produk Babyloo. Mamas juga bisa mendapatkan produk-produk Babyloo dengan berbelanja secara online di website Toys Kingdom, yaitu  di www.toyskingdom.co.id atau bisa juga di www.RupaRupa.com.

Saat ini, Toys Kingdom sedang mengadakan promosi untuk berbagai produknya, termasuk diantaranya adalah Babyloo. Jangan lewatkan kesempatan ini ya, Mamas! Sejak tanggal 26 Februari hingga 24 Maret 2020, Mamas bisa mendapatkan free 1 piece Babyloo Shower Cap senilai Rp.75.900,- setiap melakukan pembelanjaan produk Babyloo Ergo Bath Cradle. Dan yang lebih menarik lagi, Mamas bisa mendapatkan diskon tambahan sebesar 10% selama masa promosi dengan menggunakan kode voucher SMBABYLOO untuk pembelanjaan secara online.

Untuk informasi selanjutnya, Mamas bisa follow akun Instagram Toys Kingdom di @toyskingdom atau mengunjungi website Toys Kingdom di www.toyskingdom.co.id.

Wednesday Giveaway SmartMama x Toys Kingdom

Di Wednesday Giveaway minggu ini, kami ingin mengajak para Mamas untuk sharing tentang bagaimana Anda melatih Si Kecil untuk potty training? Caranya, jawab di kolom comments! Dua orang mama yang beruntung, akan mendapatkan produk Babyloo dari Toys Kingdom!

Pemenang akan diumumkan pada hari Minggu tanggal 22 Maret 2020 di akun Instagram @thesmartMamas. Happy sharing, Mamas! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Toys Kingdom)

Shares