Pleasure

5 Makanan Wajib Saat Berkunjung ke Kota Surabaya

By  | 

Surabaya dikenal sebagai salah satu surganya kuliner. 5 sajian berikut ini, wajib Anda nikmati saat berkunjung ke Surabaya.

Beberapa waktu lalu, SmartMama team berkesempatan mengunjungi kota Surabaya. Tentunya kami tak ingin begitu saja melewatkan sajian khas kota di Jawa Timur ini.

Selama berada di kota surabaya, kami menikmati beberapa makanan khas kota Pahlawan yang sangat lezat, seperti belut, tahu campur, tahu telur, hingga bakso tetelan. Wajib Anda coba selama berkunjung kesini ya, Mamas!

Special Belut Surabaya H. Poer

Mamas yang belum pernah mencoba masakan belut sebelumnya, wajib mencoba Special Belut Surabaya H. Poer ini! Menu yang dihidangkan berupa Pecel Belut Kering atau Pecel Belut Basah. Selain disajikan dengan sambal pedas, hidangan yang satu ini makin terasa istimewa dengan bawang putih geprek dan sambal andalannya yang bisa Mamas pilih. Ada sambal pedas manis, pedas asin, super pedas, atau request sendiri berapa banyak cabai yang Anda inginkan. Soal rasa, tak perlu diragukan!

Jl. Raya Wiyung No. 22

Jajar Tunggal, Wiyung

Surabaya

Tahu Campur Pak Sadak

Selain belut, tahu juga jadi menu khas warga surabaya. Salah satunya adalah Tahu Campur Pak Sadak yang cukup terkenal disini.

Seperti tahu campur pada umumnya, racikan Pak Sadak terdiri dari kecambah, daun selada, mie kuning, potongan tahu goreng, dan perkedel singkong parut alias lento. Semuanya dicampur petis dan disiram kuah kaldu daging yang kaya rempah. Tak hanya itu saja, tahu campur ini juga dilengkapi dengan potongan daging sapi, tetelan, dan kikil berukuran lumayan besar.

Jl. Mayjen Sungkono No.106,

Pakis, Kec. Sawahan

Surabaya

Soto Madura Wawan

Anda yang pecinta soto, kami sarankan untuk menikmati lezatnya Soto Madura Wawan yang terletak di Jl Mayjen Sungkono, Surabaya. Ada beragam jenis soto yang bisa Mamas pilih, seperti soto daging, soto daging + ati / otak, soto daging + otak, atau soto telur. Kami sendiri menyarankan Anda mencoba Soto Campur Istimewa. Selain berisi potongan daging, tersedia juga paru, usus, otak, dan telur rebus. Tambahkan kerupuk untuk rasa soto yang lebih nikmat.  

Jl. Mayjend Sungkono no. 86B

Dukuh Pakis

Surabaya

Tahu Telor Pak Jayen

Selain tahu campur, Mamas juga perlu mencoba Tahu Telor Pak Jayen. Bedanya tahu telor ini dengan yang lain adalah bumbu kacangnya yang dicampur dengan petis dan disajikan dengan kental. Isi dari Tahu Telor Pak Jayen ini antara lain adalah lontong, kentang, taoge, tahu, dan tentunya krupuk sebagai pelengkap.

JL. Dharmahusada Indah Raya Blok C-2,

Kelurahan Mojo, Kecamatan Gubeng

Surabaya

Bakso Pak John

Kuliner yang kelima adalah Bakso Pak John. Bakso dengan tetelan ini pas disantap saat musim hujan seperti sekarang ini. Tetelan pada bakso ini dominan daging dan bahkan Mamas bisa minta ekstra tetelan lho! Tambahkan saus tomat untuk rasa yang lebih lezat.

Jl. Hayam Wuruk

Kelurahan Sawunggaling, Kecamatan Wonokromo

Surabaya

(Tammy Febriani/KR/Photo: SmartMama.com)

Shares