Health

Benarkah Calon Mama Lebih Berisiko Terkena Virus Corona?

By  | 

Belakangan ini, seluruh dunia diresahkan dengan adanya virus corona yang berasal dari kota Wuhan, Cina. Dan kini dikabarkan virus tersebut telah menyebar ke beberapa negara lain. Tentu saja kita juga ikut merasa was-was ya, Mams, tak terkecuali wanita hamil. Dilansir dari New York Times, Dr. Steven Gordon, MD, dari Klinik Cleveland mengatakan bahwa calon mama memang lebih berisiko untuk terkena virus tersebut.

Hal ini dibenarkan oleh dr. Putra Ismaya Abral, SpOG, namun demikian, dr Putra mengatakan bahwa hal ini bukan spesifik virus corona saja, tetapi lebih kepada daya tahan tubuh calon mama yang memang menurun 3-4 kali lipat dari biasanya. Tak hanya itu, dr. Putra menjelaskan, “Pada dasarnya virus corona serupa dengan virus influenza, hanya polanya saja yang berbeda.”


Sejauh ini, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Li Lanjuan, seorang epidemiologist dan direktur dari Boao Super Hospital, juga profesor dari Zhejiang University, terungkap bahwa virus Corona Wuhan tidak dapat bertahan hidup pada suhu di atas 57 derajat celsius dan akan mati di udara terbuka dalam 30 menit.

Meski demikian, dr Putra tetap menyarankan para calon mama untuk melakukan tindakan preventif sebagai berikut:

  1. Menerapkan pola hidup sehat. Minum air putih yang banyak, konsumsi makanan yang bernutrisi, konsumsi vitamin, serta tidur yang cukup plus jangan stres!
  2. Jaga kebersihan. Selalu mencuci tangan setiap ada kesempatan, menutup mulut saat bersin.
  3. Vaksin influenza. Vaksin ini berguna untuk menambah imunitas calon mama, dan aman dilakukan pada trimester 2 dan 3.
  4. Gunakan masker medis saat keluar rumah dan perhatikan cara pemakaiannya ya…

Stay healthy & happy dear Mamas to be! (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares