Mind

New Mama, New Baby, New Life

By  | 

Menjadi seorang mama baru tentu saja jadi pengalaman baru yang menantang baik secara fisik dan emosional. Ada perubahan tubuh, perubahan hormon, dan perubahan besar dalam hidup Anda. Bagaimana pun, Anda adalah mama dan istri yang kuat dan cantik.

Sebagai new mama, mungkin saat ini Anda sedang memandangi bentuk tubuh Anda paska melahirkan. Perut yang kendur, stretch mark disana-sini, kantung mata, hingga wajah lelah Anda. Tahukah Anda, bahwa kami sangat memahami apa yang Anda rasakan. Begitu pula dengan para mama lainnya di luar sana. Pahamilah, bahwa Anda tak sendiri.

Tak hanya itu saja, bisa jadi Anda juga kini membandingkan diri Anda dengan mama-mama lain di media sosial, dimana kehidupan mereka tampak “sempurna” dengan anak-anak yang “sempurna”, pasangan “sempurna”, keluarga “sempurna”, rumah yang “sempurna”, hingga tubuh yang tetap “sempurna” meski belum lama melahirkan. Memang tampaknya sangat berlebihan bila kita membandingkan bagaimana tubuh kita, anak kita, dan kehidupan kita dibandingkan dengan orang asing yang hidupnya terlihat sangat “sempurna”.

Membandingkan kehidupan kita dengan kehidupan sempurna di dunia maya tentu akan sulit dihadapi setiap hari, apalagi ketika Anda seorang mama baru dengan hormon dan emosi yang berfluktuasi. Jadi sebaiknya Anda tidak boleh membandingkan diri Anda dengan siapa pun, secara online atau dalam kehidupan nyata. Terlebih, kehidupan yang diperlihatkan di dunia maya sudah tentu selalu yang indah bukan, Mamas? Bagaimana kehidupan sesungguhnya di dunia nyata, kita sendiri lah yang memahami dan menjalaninya.   

Tapi tahukah Anda? Semua “ketidaksempurnaan” itu adalah kisah Anda, bagian dari diri Anda untuk mengingatkan bahwa Anda adalah seorang mama. Manusia yang cantik, luar dan dalam, yang membawa kehidupan bagi seorang bayi ke dunia ini.

Sebagai mama, kita semua tahu bagaimana perjuangan menjadi seorang mama di kehidupan nyata, seperti beberapa hal berikut ini:

Ingin memberi ASI eksklusif namun terpaksa memberi susu formula. Anda tetaplah mama yang luar biasa. Baik ASI maupun susu formula adalah sumber makanan yang sangat dibutuhkan bayi Anda. Mencukupi kebutuhan nutrisinya adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Kurang tidur setiap malam karena bayi selalu menangis dan tak mau tidur nyenyak di malam hari. Anda adalah seorang mama yang kuat, ketika Si Bayi sudah bisa beradaptasi maka masa-masa begadang juga akan berlalu.

Menyusui bisa menurunkan berat badan busui, namun sayangnya hal ini tak berlaku bagi Anda. Anda adalah seorang mama yang cantik dan ingatlah bahwa Anda lebih dari sekadar angka dalam timbangan badan. Akan ada masanya Anda bisa menurunkan berat badan Anda kok, Mams.

Berjuang dengan depresi paska melahirkan. Anda adalah mama yang luar biasa. Ingatlah bahwa Anda tidak sendiri, Anda tidak ‘berbeda’ dengan mama lainnya, dan Anda akan melewati semua ini.

Merasa berjuang seorang diri. Anda adalah seorang mama yang luar biasa, dan kami di sini untuk Anda. Temukan komunitas new mama untuk sharing pengalaman Anda bersama para mama lainnya.

Merasa hidupnya berubah dan tidak akan pernah sama lagi. Ya Mama, segalanya kini berbeda dan telah berubah, tetapi itu tidak berarti Anda tidak akan menemukan kebahagiaan lagi. Justru hidup Anda kini akan semakin lengkap.

Berjuang dengan pernikahan saat Anda dan suami menjadi orangtua baru. Anda adalah mama dan pasangan yang sangat dicintai. Anda dan suami tentu sangat membutuhkan yang namanya adaptasi. Jangan segan untuk melakukan konseling dengan konselor pernikahan ya, Mamas.

Merasa kewalahan merawat newborn. Anda adalah seorang mama yang sedang “belajar” merawat bayinya, jangan takut untuk meminta bantuan orang lain ya, Mamas.

Hidup Anda telah berubah dan Anda merasakan banyak hal yang berbeda, namun tak ada yang menyeramkan dengan hal itu kok, Mams. Anda akan menemukan banyak hal baru sebagai mama yang tentunya akan melengkapi kebahagiaan Anda. Pengalaman ini adalah milik Anda dan bukan milik orang lain, dan itulah yang membuat Anda begitu istimewa. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares