Health

10 Menu Snack Sehat

By  | 

Sebuah survey bertajuk “The State of Snacking” yang diadakan oleh Mondelez International terhadap 12 negara di dunia termasuk Indonesia, mengungkap bahwa 77% orang Indonesia mengonsumsi lebih banyak camilan dibandingkan makanan berat tiap harinya. Lalu, apa saja menu snack sehat yang bisa kita konsumsi?Waktu mengonsumsi camilan

Kebanyakan camilan dikonsumsi pada pagi hari, antara waktu sarapan dan makan siang. Bahkan, 85% masyarakat Indonesia berkata,” mengemil dapat memberikan waktu istirahat yang saya butuhkan di tengah – tengah kesibukan yang padat.”

Nah, supaya asupan camilan yang masuk ke dalam tubuh dapat diolah dan memberikan manfaat, coba 10 menu berikut, yuk!

  • Yogurt. Kaya protein dan kalsium, yogurt juga mengandung karbohidrat, vitamin B, kalsium, fosfor, magnesium, dan bakteri baik yang turut menjaga sistem pencernaan tubuh.
  • Kacang almond. Tinggi protein & zinc yang bermanfaat untuk kesehatan otak, serta asam lemak omega 3.
  • Salad buah & sayur. Campurkan tomat iris dan berbagai jenis sayuran lain dengan minyak zaitun, serta taburan keju diatasnya. Sajian ini mengandung lemak baik, lycopene, kalsium dan protein.
  • Bolu pisang. Pisang mengandung vitamin C, vitamin B6, magnesium, serat dan zat besi. Berbagai macam olahan makanan dengan bahan dasar pisang seperti bolu atau pisang kukus.
  • Kurma. Buah yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang menguntungkan, diantaranya serat, protein, vitamin B6, magnesium, dan kalium yang aman dikonsumsi sebagai camilan.
  • Smoothie. Campuran buah – buahan (dan sayur!), susu, yogurt, madu dan es ini akan memberi tambahan energi bagi mamas, selain kaya akan serat, lemak sehat, dan vitamin.
  • Puding. Dalam setiap takaran penyajiannya, puding buah mengandung kalsium, vitamin, mineral, dan protein. Penelitian Harvard School of Public Health di Amerika mengungkapkan, wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Hal ini disebabkan pola makan wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu mereka. Ingin coba membuat sendiri puding rumput laut?
  • Ubi/ singkong rebus. Di dalamnya terkandung air, kalsium, vitamin, fosfor, dan protein dalam jumlah cukup yang dibutuhkan tubuh. Dengan cara direbus, ubi dan singkong akan menghasilkan kalori lebih sedikit daripada digoreng.
  • Buah segar. Berbagai jenis buah seperti semangka, pepaya, jambu, hingga melon mengandung berbagai vitamin. Sajikan 1 mangkuk buah – buahan segar untuk mengisi waktu snacking di siang atau sore hari.
  • Oatmeal dan granola. Dalam oat terkandung lebih dari 50 nutrisi yang diperlukan tubuh, di antaranya karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, magnesium, folat, fosfor, mangan, kalium, dan zat besi. Sedangkan granola biasanya adalah hasil olahan campuran gandum, kacang – kacangan, dan buah kering. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares