Health

4 Cara Terhindar Dari Jatuh Saat Hamil

By  | 

Perut yang semakin membesar membuat keseimbangan Mamas to be berkurang, sehingga risiko mengalami jatuh pun lebih besar.

Menurut James Hanna, D.P.M., juru bicara untuk Asosiasi Medis Podiatrik Negara Bagian New York dan Joshua Holden, M.D., asisten profesor kebidanan dan ginekologi di Columbia University Medical Center punya tips untuk meminimalkan risiko jatuh selama kehamilan. Simak tips berikut ini ya, Mamas!

1.Trip-proof your home.

Pusat gravitasi Anda berubah, yang membuat Anda lebih mudah kehilangan keseimbangan. Untungnya, bayi Mama terlindungi dengan baik di dalam rahim, tetapi hantaman keras ke perut dapat berisiko menyebabkan Anda mengalami persalinan dini.

Itulah sebabnya, penting sekali bagi Mamas to be untuk menghilangkan segala risiko yang bisa membahayakan Anda. Beberapa contohnya adalah adanya kabel listrik yang melintang atau karpet yang tak menempel dengan baik pada lantai. Jika ada karpet terbuka atau lepas, gunakan selotip ganda atau perekat khusus karpet di bawahnya. Beri pencahayaan lebih banyak di area yang temaram. Di kamar mandi, gunakan keset kamar mandi dan jaga lantai tetap kering.

2.Selalu waspada dengan lingkungan Anda.

Hewan peliharaan berlari di sekitar Anda, lubang di trotoar, dan batu di jalan, semua berpotensial untuk membuat Anda jatuh. Perhatikan langkah Anda dengan hati-hati selama hujan, dan tahan keinginan untuk mengecek handphone sambil berjalan. Hindari permukaan yang tidak rata, memanjat tangga atau kursi untuk menggapai sesuatu, kondisi Anda saat ini sangat berbeda dengan ketika Anda tidak hamil. Melangkah perlahan di tangga dan berpeganganlah pada pegangan tangga saat naik atau turun tangga.

3. Pilih sepatu yang nyaman.

Sekarang bukan saatnya untuk mengenakan sepatu dengan heels 4 inci. Pilihan sepatu terbaik saat hamil adalah sneakers atau flat. Ukur kaki Anda untuk memastikan Anda mengenakan size sepatu yang benar. Sepatu Anda sebelum hamil mungkin kini sudah terlalu kecil, dan ini meningkatkan risiko tersandung.

4.Mencegah sakit kepala.

Anda lebih rentan mengalami dehidrasi dan kepanasan, dan gula darah Anda bisa turun jika Anda tidak cukup makan. Kenakan pakaian longgar dan berwarna terang, minum air yang cukup, dan makan makanan kecil dan camilan sepanjang hari. Terkadang pusing bisa menyerang karena tekanan darah rendah. Begitu rahim membesar, ia dapat menekan beberapa pembuluh darah utama Anda, dan Anda bisa pusing jika berdiri terlalu cepat. Ubah posisi secara perlahan untuk memberi tubuh Anda kesempatan untuk menyesuaikan diri.

Jika Anda jatuh, hubungi dokter Anda. Anda mungkin akan baik-baik saja dan dapat melanjutkan aktivitas Anda jika bayi Mama bergerak secara normal dan Anda tidak merasa kesakitan. Namun, jika ada pendarahan atau perut Anda terbentur, hubungi dokter Anda dan pergi ke rumah sakit untuk memastikan bahwa Anda dan bayi Anda baik-baik saja. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares