Style

Aman Menggendong dengan Aturan TICKS

By  | 

Menggendong bayi juga ada aturannya. Jangan sampai posisi menggendong yang tidak tepat, membahayakan kesehatan bayi Mama.

TICKS adalah aturan yang dibuat oleh UK Sling Consortium untuk membantu orang tua menggendong bayinya dengan aman. Ikuti panduan praktis dari kami berikut ini, untuk memastikan bahwa bayi mamas berada dalam posisi paling aman dalam gendongan Anda.

 T is for tight (ketat)

Selempang atau gendongan bayi harus kencang dengan posisi bayi Anda memegang erat tubuh Anda. Kain gendongan yang longgar dapat membuat bayi Anda sulit bernapas.

I is for in view at all times (bayi dalam pandangan setiap saat)

Ketika menunduk, Mamas harus bisa melihat wajah bayi Anda. Pastikan kain gendongan atau baby carrier tak menutupi kepala dan wajahnya sehingga Anda tidak perlu memindahkan kain apa pun untuk dapat melihatnya.

C is for close enough to kiss (cukup dekat untuk mencium Si Bayi)

Bayi harus diposisikan setinggi dada Anda dan sama-sama merasa nyaman. Jika Anda mengarahkan kepala ke depan, Anda harus bisa mencium dahinya atau bagian atas kepalanya.

K is for keep chin off the chest (jauhkan dagu dari dadanya)

Bayi Mama tidak boleh berada dalam posisi di mana dagunya tertekan ke dadanya karena ini dapat membatasi pernapasannya. Pastikan Anda bisa meletakkan setidaknya satu jari di antara dagun dan dadanya untuk mejaganya tetap aman.

S is for supported back (mendukung punggung bayi)

Punggung bayi Mama harus tertopang pada posisi tegak sehingga posisi duduknya tidak bengkok atau miring.

Posisi Pinggul yang Benar

Untuk posisi pinggul yang sehat, pastikan bahwa kantong atau alas gendongan lebar, dengan kaki bayi ditopang ke lutut. Posisi gendongan yang paling optimal adalah dengan posisi up right dan posisi kaki membentuk huruf M. Posisi lututnya harus lebih tinggi dari bokong bayi. Itulah yang disebut M-shape. Posisi ini sangat penting jika Anda memiliki newborn, atau jika bayi Anda mengalami displasia pinggul atau masalah pinggul lainnya. Dalam kasus ini, kaki bayi Mama tidak boleh menggantung lurus ke bawah ya, mams.

Lillebaby SeatMe All Season

SeatMe All Season merupakan baby carrier dari Lillebaby, award winning baby & toddler carriers yang stylish, safe and comfy!

Dilengkapi dengan 2 kantong zipper yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang Si Kecil, gendongan bayi multi-fungsi ini juga memiliki tambahan hipseat. Dengan adanya hipseat ini, menggendong Si Kecil akan lebih mudah sekaligus memberikan kenyamanan bagi pemakainya. Hipseat ini juga memungkinkan bayi Mama tetap dalam posisi tegak saat digendong. Dengan baby carrier ini mamas bisa menggendong Si Kecil dalam 5 posisi dan posisi duduk bayi pun dapat di-adjust sesuai kenyamanan bayi dan mengurangi beban dari bayi.

Keistimewaan dari hipseat ini adalah dapat dilepas dan dapat dijadikan soft carrier. Untuk soft carrier bisa digunakan untuk bayi dengan berat mulai dari 3,2 – 20 kg (sampai 4 tahun). Untuk hipseat, Mamas bisa gunakan sejak bayi Anda memiliki berat 5,5 hingga 20 kg (sampai 4 tahun).

Jenis hipseat SeatMe All Season ini dirancang dengan 2 jenis bahan yaitu mesh untuk sirkulasi udara serta menjaga bayi tidak kepanasan dan katun untuk melindungi bayi Mama agar tetap hangat.

Terdapat 3 warna yang bisa Mamas pilih, yaitu pink, pinstripes, dan heathered. Info mengenai SeatMe All ASeason bisa Mamas temukan di akun Instagram @babiesandeverything. 

Baby carrier SeatMe Lillebaby ini bisa didapatkan di seluruh outlet Mothercare di Indonesia, atau baby shops di area kediaman Mamas. Di Jabodetabek, baby carrier ini bisa didapat di Suzanna Baby Shop Pondok Indah dan Baby Wise BSD. Di Surabaya, Mamas bisa mendapatkan produk ini di Suzanna Baby Shop HR. Muhammad Surabaya, Perdana Baby Shop, dan TBMO. Sedangkan di Denpasar – Bali, Mamas bisa mengunjungi Genyc Baby Shop dan Liz&Co. Mamas juga bisa lho berbelanja baby carrier ini secara online, yaitu di mothercare.co.id.

Wednesday Giveaway

Sharing yuk mamas! Apakah sebelumnya mamas sudah tahu apa itu menggendong dengan posisi M-shape, dan apa pertimbangan Anda dalam memilih baby carrier?

Jawab di kolom komentar ya.. Satu orang mama yang beruntung akan berkesempatan mendapatkan satu buah Lillebaby SeatMe All Season. Happy sharing! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Lillebaby)

Shares