Health

Self Care on a Busy Day

By  | 

Menyediakan momen me time bisa jadi hal yang mewah di tengah keseharian mengurus rumah tangga dan Si Kecil. Ada beberapa manfaat untuk mamas yang menyempatkan melakukan rutinitas ini.

Beberapa manfaat self care untuk menjaga kesehatan mental, diantaranya:

  1. Mencegah timbulnya stres berkepanjangan. Rutinitas yang tetap setiap harinya berpotensi menimbulkan kejenuhan, baik bagi stay at home mama maupun working mama. Melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan di waktu jeda dapat membunuh gejala stres.
  2. Menjaga mood. Dengan merawat diri sendiri, suasana hati akan lebih terjaga moodnya sehingga kita siap menjalani rutinitas berikutnya.
  3. Merasa lebih baik. Rasa percaya diri akan tumbuh jika mamas merasa lebih baik secara fisik dan psikis. Yuk sempatkan waktu untuk melakukan pilihan aktivitas me time berikut.

Pilihan aktivitas self care:

  1. Relaksasi dengan minum teh dan meditasi. Saat Si Kecil tidur, nyalakan lilin dan aromaterapi di ruang kamar untuk melakukan sesi meditasi selama 10- 15 menit. Setelah itu, pamper yourself dengan segelas teh hangat yang menyegarkan tubuh.
  2. Mencium aroma bunga dan merasakan suasana alam. Disarankan untuk dilakukan sesaat setelah bangun tidur dan anak – anak belum bangun di pagi hari. Menghirup udara pagi menyegarkan paru – paru sekaligus pikiran.
  3. Hug someone extra tight. Nah, untuk aktivitas yang satu ini, komunikasikan dengan pasangan atau sahabat untuk bertemu dan menyediakan momen sharing khusus. At the end of the day, ask them to hug you, and hug them back!
  4. Reward yourself. Memberikan afirmasi positif, berterima kasih pada tubuh dan bersyukur atas kesehatan dan nikmat yang kita rasakan setiap hari merupakan salah satu bentuk penghargaan yang dapat diberikan untuk diri sendiri. Lakukan hal ini sesering mungkin, setiap hari.

Ingat Mams, kesehatan tidak hanya mencakup aspek fisik, namun juga mental. When you feel good, you do good. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares