Mind

Chef Dad: Steby Rafael

By  | 

Profesi Steby Rafael atau lebih dikenal sebagai Chef Steby sebagai celebrity chef, tentunya selalu disibukkan dengan jadwal yang padat. Walau begitu, hal tersebut tak membuat dirinya melupakan perannya sebagai seorang papa.

Chef yang sering menjadi host di beragam acara memasak ini, memang selalu berusaha untuk tetap memiliki bonding yang kuat dengan anak lelakinya, Mark Edmund Wijaya, 2 tahun. Hal ini bisa terlihat dari akun sosial media Instagram miliknya. Di situ mamas bisa melihat upayanya untuk selalu menyempatkan diri berkumpul bersama keluarga.

Salah satu bentuk perhatian Chef Steby terhadap Mark pun ia curahkan melalui berbagai kreasi menu masakan sehat yang ia buat secara khusus untuk sang anak lelaki lho, mams! Berikut perbincangan SmartMama.com dengan Chef Steby tentang karir dan juga anak:

SmartMama.com (SM): “Apa yang jadi alasan Anda berprofesi menjadi chef?”

Chef Steby Rafael (SR): “Saya memilih profesi chef karena menurut saya chef merupakan salah satu pekerjaan yang terus berkembang dan dibutuhkan. Ibaratnya, ‘semakin tua semakin berisi’.”

SM: “Siapa bigest chef influencer Anda?”

SR: “Marco Pierre White adalah chef yang sangat berpengaruh bagi saya.”

Marco Pierre White adalah celebrity chef asal Inggris yang juga pemilik restoran. Marco adalah koki termuda yang pernah dianugerahi tiga bintang Michelin, dan telah melatih koki – koki terkenal seperti Mario Batali, Gordon Ramsay, Curtis Stone dan Shannon Bennett.  

SM: “3 favorite cooking tools and why?”

SR:Chef kenife, pan/skillet, dan whisk adalah 3 tools yang jadi favorit saya. Karena 3 alat ini adalah alat yang paling sering saya gunakan untuk mendukung  style memasak saya yang cenderung praktis, cepat, proper.”

SM: “Apa masakan favorit Anda?”

SR: “Saya suka memasak aneka mie, pasta, peranakan/nyonya cuisine, french cuisine, dan Ayam Taliwang.”

SM: “Apakah Anda juga setiap hari memasak untuk di rumah?”

SR: “Tidak setiap hari, biasanya saya memasak saat weekend saja atau saat istri minta dimasakin. Haha..”

SM: “Ada menu khusus yang dibuat untuk anak?”

SR: “Ada. Saya membuat Mini Dutch Baby Pancakes, Tomato Pasta, Bubur Hongkong Jagung Daging Giling untuk Mark.”

SM: “Apakah Anda juga akan mengajarkan Mark memasak sejak dini?”

SR: “Ya, pastinya saya sudah mulai mengenalkan dunia masak memasak ini sejak dini pada Mark.”

SM: “Apakah Mark terlihat memiliki passion yang sama dalam dunia masak – memasak seperti Anda?”

SR: “Tampaknya begitu. Dia sering ‘kepo’ lari ke dapur kalau saya masak. Tapi ia masih terlalu kecil, baru 2 tahun, jadi belum saya libatkan.”  

SM: “Apa tips bagi para mamas / homecook saat memasak?”

SR: “Atur menu supaya tidak bosan. Selain itu, selalu bersihkan dan rapihkan kulkas serta dry storage agar selalu bersih dan sehat. Dengan begitu Anda akan mudah mengambil bahan yang ingin dimasak atau menyimpannya. Begitu pula dengan peralatan memasak, susunlah dengan rapi. Dapur yang rapi dan bersih bisa naikin mood juga lho. Saat memasak, pastikan masakan Anda dalam satu sajian lengkap dengan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineralnya. Untuk sayuran, sebisa mungkin dimasak saat ingin disantap agar nutrisinya masih full.”

Betul juga ya mamas, dapur yang bersih dan rapi tentunya akan membuat kita semakin semangat memasak untuk keluarga. Yuk, kita terapkan tips dari Chef Steby! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Chef Steby Rafael)

Shares