Health

Asupan & Nutrisi yang Dibutuhkan Calon Mama Saat Berpuasa

By  | 

Saat memasuki bulan puasa, calon mama seringkali bingung akan tetap menjalankan ibadah puasa atau tidak. Sebetulnya, jika Anda mampu, tetap diperbolehkan puasa dengan syarat mempertahankan asupan nutrisi saat sahur dan berbuka.

Waktu yang disarankan untuk berpuasa

Khususnya bagi Mamas to be yang saat ini sedang menjalani kehamilan di trimester kedua, dari sisi kesehatan sudah diperbolehkan untuk berpuasa. Hal ini dikarenakan tubuhnya sudah beradaptasi dengan kehadiran bayi dalam janin, morning sickness sudah mulai berkurang, dan sudah mulai nyaman dengan kehamilannya.

Sementara untuk mamas to be yang masih dalam tahap trimester pertama dan terakhir, wajib melakukan konsultasi dengan dokter kandungan karena di masa tersebut, kondisi tubuh masih melakukan penyesuaian dengan kehadiran janin. Timbul kekhawatiran jika terus berpuasa, tubuh akan mengalami dehidrasi.

Sementara pada trimester akhir, janin masih terus berkembang menyempurnakan organ-organ penting sehingga Anda disarankan untuk tetap makan secara teratur untuk memenuhi kebutuhan nutrisi keduanya.

Rekomendasi asupan nutrisi selama berpuasa

Batasi konsumsi kafein, baik dari soda, kopi, atau teh. Konsumsi kafein maksimal yang dianjurkan adalah 200 mg atau setara dengan dua cangkir kopi instan saja, untuk menghindari risiko sakit kepala yang berlebihan.

Penuhi kebutuhan nutrisi dalam takaran tepat, sebesar 2500 kilo kalori dalam satu hari. Terbagi menjadi 50% karbohidrat (pilih karbohidrat kompleks: nasi merah, roti gandum, pasta), 30% protein hewani dan nabati seperti ikan, telur, daging, susu, tahu dan tempe, serta 20% lemak sehat seperti kacang-kacangan.

Batasi makanan manis. Konsumsi berlebihan dapat secara cepat meningkatkan kadar gula dalam darah sekaligus menurunkannya dengan cepat. Jika terjadi, hal ini dapat membuat mamas to be merasa lemas dan lekas lapar saat berpuasa.

Konsumsi air mineral sebanyak 1,5 – 2 liter per hari. Bagi kebutuhannya dalam dua waktu sahur dan berbuka puasa untuk menghindari dehidrasi.

Jaga asupan kalsium untuk janin. Bisa didapatkan dari variasi makanan seperti susu, keju, yoghurt, sayuran hijau, dan ikan.

Untuk menghindari kekurangan nutrisi selama berpuasa, ada baiknya mamas to be menyusun daftar konsumsi makanan dengan panduan menu – menu diatas. Selamat menjalankan ibadah puasa! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares