Mind

11 Inspiring Women yang Juga Seorang Mama

By  | 

Menyambut hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April lalu, kami ingin mengingatkan Anda, para mama, bahwa semangat Kartini ini hendaknya terus dapat menjadi inspirasi bagi kita, para wanita, untuk terus maju tanpa menjadikan gender dan juga status Anda sebagai mama, sebagai batasan untuk meraih sukses di bidang yang diimpikan.

Para powerful mama dari berbagai penjuru belahan dunia berikut ini juga kami harap dapat menginspirasi kita. Dengan komitmen mereka terhadap keluarga, karier, dan bahkan untuk membantu wanita lain untuk berhasil, beberapa diantaranya memiliki posisi di kongres dan beberapa lainnya telah memiliki perusahaan yang sukses. Semua wanita kuat ini memiliki dua kesamaan: mereka mencintai anak-anak mereka, dan mereka membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik — dimulai dari hal kecil yang kemudian menjadi besar.

Adele

Adele adalah pemenang Grammy Award sebanyak 15 kali, dan mama bagi putranya yang berusia 6 tahun, Angelo. Penyanyi Inggris “Rolling in the Deep” berusia 31 tahun ini telah mendominasi tangga lagu sejak album debutnya, “19,” pada tahun 2008. Selama dekade terakhir ini, ia menciptakan lagu – lagu yang menjadi favorit banyak orang di dunia, menginspirasi banyak wanita plus size bahwa fisik tidak dapat menghalangi keberhasilan seseorang,  dan toleransinya pada wanita kulit berwarna (hal ini bisa kita lihat pada pidatonya di acara Grammy yang memuji Beyoncé).

Amal Clooney

Awalnya memang kita tak mengenal siapa pengacara berdarah Lebanon-Inggris Amal Clooney (née Alamuddin) sebelum dia menikahi bintang film dan produser George Clooney. Padahal, mama dari Si Kembar Ella dan Alexander ini adalah seorang pengacara hak asasi manusia di hukum internasional. Klien-klien terkenal Amal termasuk pendiri WikiLeaks, Julian Assange dan pemerintah Yunani. Dia bahkan dengan berani membawa kelompok teror ISIS ke pengadilan karena kejahatan genosida.

Angelina Jolie

Siapa yang tak kenal Angelina Jolie, mama dari enam anak berusia 43 tahun selama bertahun-tahun telah menjabat sebagai Duta Besar PBB. Dia kemudian ditunjuk sebagai utusan khusus yang berfokus pada perpindahan pengungsi di tingkat global, bepergian ke luar negeri untuk menemukan solusi bagi masalah yang dihadapi pengungsi. Di waktu luangnya ia juga menjalani profesi lainnya sebagai produser dan sutradara.

Catherine, Duchess of Cambridge

Catherine, Duchess of Cambridge (juga dikenal sebagai Kate), yang menikahi Pangeran William pada tanggal 29 April 2011, sejak awal berpacaran dengan Pangeran William dinilai sangat mirip dengan ibu mertuanya, Putri Diana. Kate menarik perhatian dunia dengan senyum riang dan kepribadiannya yang murah hati. Sekarang sebagai bangsawan kerajaan, mama dari tiga anak ini sangat peduli akan hal – hal yang berkaitan dengan addiction and mental health awareness.

Helle Thorning – Schmidt

Helle adalah wanita pertama yang memegang gelar sebagai perdana menteri Denmark dan pemimpin Sosial Demokrat. Ia juga dikenal sangat dermawan dan menduduki posisi CEO di Save the Children International. Mama dari dua orang anak ini terjun di Save the Children sejak tahun 2016 dan mengawasi program dan layanan untuk anak-anak yang beroperasi di lebih dari 120 negara di seluruh dunia. Misi Helle saat ini difokuskan pada menjangkau anak-anak di negara-negara yang dilanda perang yang menghadapi penyakit, pemindahan, kemiskinan dan kurangnya pendidikan.

Michelle Obama

Michelle Obama bukan hanya ibu negara Afrika-Amerika pertama yang memasuki Gedung Putih, ia juga seorang pengacara, aktivis, advokat, istri dan seorang mama. Selama delapan tahun mendampingi sang suami Barack Obama untuk melayani Amerika, Michelle menjalani beberapa program seperti Let’s Move! dan Program Makan Siang Sekolah, yang bertujuan membuat anak-anak aktif, bergerak, dan makan makanan bergizi. Pada 13 November 2018, Michelle meluncurkan sebuah buku berjudul “Becoming”.

Melinda Gates

Meskipun banyak dari kita mengenal Melinda Gates hanya sebagai istri Bill Gates, namun sebenarnya dermawan, pengusaha dan mama dari tiga anak ini juga telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi dunia. Ia bertemu Bill ketika bekerja sebagai manajer proyek di Microsoft, setelah menikah pada 1994, bersama Bill ia meluncurkan Bill and Melinda Gates Foundation, sebuah organisasi yang berkecimpung untuk meningkatkan akses ke pendidikan dan perawatan kesehatan sekaligus membantu mengangkat orang-orang keluar dari kemiskinan ekstrem. Pada 2016, Melinda dianugerahi Presidential Medal of Freedom.

Serena William

Serena Williams merupakan salah satu pemain tenis wanita terbaik di dunia. Bahkan Asosiasi Tenis Wanita menganugerahi Serena sebagai pemain No. 1 selama delapan kali sejak 2002. Peraih empat medali emas Olimpiade dan mama dari satu anak ini telah memenangkan 72 gelar tunggal sepanjang karir tenisnya dan merupakan atlet wanita peraih hadiah utama. Tak hanya itu saja, Serena juga seorang aktris, penulis, dan advokat untuk kesetaraan wanita lho, mamas!

Reese Witherspoon

Sejak film pertamanya, “The Man in the Moon,” pada tahun 1991, ia menjadi salah satu aktris yang paling dicintai di Hollywood. Saat ini, Reese bukan hanya bintang film peraih OSCAR, namun ia juga memiliki rumah produksi sendiri, woman advocate (kegiatan atau upaya yang dilakukan seseorang atau kelompok orang untuk memfasilitasi dan memperjuangkan hak-hak, maupun kewajiban klien seseorang atau kelompok berdasarkan aturan yang berlaku), seorang istri serta mama dari tiga anak yang juga membintangi serial drama “Big Little Lies”.

Jacinda Ardern

Jacinda adalah seorang politikus dari Partai Buruh Selandia Baru, yang kini menjabat sebagai Perdana Menteri Selandia Baru. Jacinda Ardern merupakan perdana menteri termuda dalam 150 tahun terbentuknya Negara Selandia Baru, sekaligus menjadi pemimpin wanita termuda di dunia. Perdana Menteri Selandia Baru ini menetapkan norma-norma baru sebagai pemimpin pemerintahan ketika dia melahirkan, seperti diantaranya adalah mengambil cuti hamil selama enam minggu dan menyatakan bahwa pasangannya akan menjadi stay at home dad. Ia pun pernah membawa sang bayi menghadiri salah satu sidang internasional PBB karena ia masih dalam masa menyusui.

Najwa Shihab

Sebagai seorang jurnalis yang memiliki sikap kritis dan cerdas, Najwa juga merupakan seorang mama dari seorang anak laki-laki yang kini telah remaja. Najwa yang juga menyandang predikat sebagai Duta Baca Indonesia dan founder Narasi.TV ini juga berhasil membuat banyak masyarakat Indonesia menjadi lebih melek politik. Tak heran jika kemudian ia menjadi salah satu sosok mama inspiratif versi SmartMama.com. (Tammy Febriani/KR/Photo: doc. Various)

Shares