Pleasure

Yang Harus Diperhatikan Ketika Si Kecil ingin Memelihara Anjing

By  | 

Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang menggemaskan. Tak heran bila Si Kecil ingin memeliharanya. Kendati begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan memelihara hewan yang satu ini bagi teman Si Kecil.

Sebelum menentukan jenis dan ras apa yang akan dipelihara, sebaiknya Anda harus tahu akan karakteristik hingga kebutuhan anjing yang akan dipelihara.

Kebutuhan Hewan Peliharaan

Anda dan keluarga perlu memahami bahwa merawat anjing membutuhkan komitmen. Pelatih anjing berpengalaman, Aang dari Chambaraya Dog Trainer menjelaskan bahwa banyak sekali orang memelihara anjing tanpa persiapan.

“Syarat utama memelihara anjing atau binatang peliharaan apapun adalah komitmen. Karena banyak yang tidak konsisten, sehingga di tengah jalan berhenti memberikan yang terbaik untuk anjing peliharaannya,” jelas Aang.

Komitmen memelihara anjing diwujdukan dengan persiapan finansial untuk menyiapkan kandang yang lega dan bersih, komitmen untuk memberikan makanan terbaik, perawatan anjing secara rutin, hingga memberikan waktu mengajak anjing berinteraksi. Hewan peliharaan Si Kecil ini juga memiliki kebutuhan sehari – hari yang harus dipenuhi, seperti:

1.Makanan

2. Kesehatan

3. Grooming

4. Interaksi

5. Peralatan lainnya (kandang,tempat makan, dan lain – lain)

Jadi tak hanya makanannya saja yang harus diperhatikan, hewan peliharaan juga perlu diperhatikan kesehatannya, makanannya, dan juga waktu Anda dan keluarga untuk berinteraksi dengannya.


drh. Elvinkan Ruth menjelaskan ciri – ciri anjing yang sehat.

Ciri-ciri Anjing yang Sehat :

Sebelum Anda mengadopsi hewan peliharaan, drh. Elvinka Ruth dari Klinik Snips&Snaps menyarankan agar sebaiknya mamas memperhatikan kesehatan anjing secara fisik maupun mental. Adapun ciri anjing yang sehat adalah:

1.Aktif dan lincah

2. Nafsu makan baik

3. Gigi bersih

4. Rambut bersih, mengkilap

5. Status fisiologis normal (suhu tubuh 37,4-39,2 °C, pulsus 76-148 x / menit dan frekuensi nafas 24-42 x/mnt)

6. Postur tubuh normal

7. BB ideal

8. Telinga bersih

9. Tidak punya kebiasaan memakan kotoran sendiri (coprophagia)

Jangan lupakan pula postur tubuh normal, berat badan anjing, dan kebersihan bagian tubuh yang tidak terlihat seperti gigi dan mulut, atau telinganya. “Telinga yang kotor bisa menjadi masalah. Bahkan pada kondisi yang ekstrem, ada anjing yang mengalami perubahan perilaku misalnya memakan kotoran sendiri (coprophagia). Biasanya akibat stres atau nutrisi dari makanannya tidak lengkap. Jadi makanan ini sangat memengaruhi pertumbuhan dan kesehatan anjing,” jelas drh. Elvinka.

Hewan Peliharaan juga Butuh Nutrisi

Elvinka menambahkan, hewan juga butuh asupan bernutrisi untuk menjaga kesehatan tubuhnya. “Makanan seadanya memang tidak akan membuat anjing mati, tetapi kualitas hidupnya berkurang. Anjing pun tidak happy.”

“Yang perlu Anda pahami, asupan yang paling dibutuhkan anjing adalah protein, bukan karbohidrat atau lainnya. Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan regenerasi sel, rambut, serta perkembangan otot anjing,” ujar Elvinkan di sela – sela diskusi “Nutrisi Yang Dibutuhkan Anjing Kesayangan bersama ProBalance” di Jakarta.

Semua kriteria makanan sehat untuk anjing dengan nutrisi lengkap sudah dipenuhi oleh ProBalance. Brand representaive ProBalance, Azis Hady Dwi Putra, menjelaskan ProBalance mengandung protein tunggal (varian daging ayam, sapi dan domba) sebanyak 23%  per posri, lebih banyak dari produk sejenis lainnya dan sangat memenuhi kebutuhan anjing akan protein yaitu sekitar 20-25%.

“Untuk mengecek apakah makanan hewan terbuat dari plebih banyak porsi daging atau sebaliknya, cukup lihat pada ingredients dalam kemasan. Bila pada ingredients, sumber daging disebutkan terlebih dahulu, artinya komposisinya lebih besar,” jelas Azis. Selain protein daging, ProBalance mengandung omega 3 dan 6 untuk kesehatan bulu.

Mineral kalsium dan fosfor dalam ProBalance penting untuk pertumbuhan tulang yang kuat. Bahkan untuk kesehatan tulang, ProBalance diperkuat suplemen untuk tulang yaitu glukosamin dan kondroitin.

Keunggulan ProBalance lainnya yaitu memiliki kibbels eksklusif yang hanya dimiliki oleh brand ini, yang berbentuk seperti huruf E di dry food. Bentuk ini berfungsi untuk kebersihan karang gigi. Selain itu, ProBalance mengandung serat untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan green tea agar pup tidak berbau. Intinya, semua kebutuhan nutrisi untuk kesehatan anjing kesayangan Si Kecil, terdapat di ProBalance.

Nah, setelah menyimak artikel ini, sudah siapkah Anda dan Si Kecil memelihara anjing? (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com, ProBalance)

Shares