Mind

Smart Mama Story: Harapan Pemilu 2019

By  | 

Pesta demokrasi yang berlangsung tahun ini sedikit banyak membawa pengetahuan baru tentang Pemilihan Umum pada seluruh anggota keluarga. Sebagai Smart Mama, apa harapan Anda untuk keberlangsungan pemilu 2019?

Tascha & family

“Pemilu 2019 kali ini masih jadi rangkaian pembelajaran dari pilkada DKI Jakarta 2017 lalu yang sangat membelah masyarakat dengan isu sara yang sangat sensitif. Harapan saya untuk pemilu kali ini adalah semoga generasi muda Indonesia semakin terbiasa menghadapi proses pemilihan pemimpin tanpa harus merusak hubungan sosial. Terbiasa menggunakan rasionalitas dan tidak mencampur adukkan pilihan politik, agama dengan penghakiman pribadi orang lain,” ungkap Tascha Liudmila, mama 3 orang anak sekaligus presenter Berita Satu TV ini.

Selain itu, Ia juga berharap masyarakat menjadi terlatih untuk tidak mudah percaya semua informasi di musim pemilu tanpa memeriksa kebenarannya; tidak mudah diadu domba membenci kelompok yang berbeda pilihan. Dan terakhir, terbiasa untuk menerima kemenangan dan kekalahan pilihan politik dengan besar hati.

Nia Anchali & Alisha

“Semoga pemilu tahun ini berjalan lancar, kita dapat memilih presiden dan wakil presiden yang tepat; karena tentu saja hal ini akan berdampak pada masa depan kita dan anak – anak. Semoga negara kita juga akan bertambah maju, terutama dari sisi infrasturkur dan pendidikannya, terutama pendidikan karakter bagi anak – anak Indonesia,” – Nia Anchali, Mama dari Alisha, Sales Director – LINE Indonesia.

“Setelah selesai pemilu ini semoga prosesnya jadi pembelajaran buat kita semua, khususnya dalam proses berdemokrasi, ya. Belakangan ini kan kita mengalami, mendengar, dan menyaksikan banyak hal – baik positif maupun negatif selama proses kampanye berlangsung. Anak – anak juga melihat respon kita, orangtuanya, dalam menanggapi momen ini. Harapan saya sih mereka juga sekaligus berproses menjadi pribadi yang lebih tangguh, baik secara personal maupun masa depan demokrasi Indonesia,” – Mona Ratuliu, Artis/Penulis buku “Digital Parenthink”, Mama dari 3 orang anak.

Nah, bagaimana dengan Anda, Mamas.. Apa harapan setelah berlangsungnya pemilihan umum 2019 ini? Share di kolom komentar, ya! (Nathalie Indry/KR/Photo: Dok. pribadi)

Shares