Career

5 Solusi “Working Under Pressure”

By  | 

Survey Cigna Indonesia: Dari data 75% orang Indonesia yang mengaku menderita stres, 39% nya mengungkapkan bahwa aspek utama pemicunya berasal dari kondisi pekerjaan dan keuangan. Berikut 5 langkah mengatasinya, Mams!

  • Take a break. Luangkan waktu untuk berpikir jernih saat menghadapi masalah yang pelik di kantor. Latihan bernafas akan membantu menenangkan diri, baik secara fisik maupun mental (Baca juga: Langkah Mudah Meditasi di Rumah!) . Hal ini penting dilakukan untuk melihat segala persoalan dari sudut pandang yang netral.
  • Tidak menunda pekerjaan. Sekalipun dihadapkan pada kesulitan, jangan sekali – sekali menunda pekerjaan. Setelah mengambil jeda untuk beristirahat, segera susun to do list untuk tetap mengerjakannya. Semakin Anda menunda, pekerjaan tidak akan selesai & merugikan tim karena menghambat kesuksesan bersama.
  • Ask for help. Jangan sungkan untuk bertanya, baik kepada sesama rekan kerja maupun atasan – cross division (Tidak hanya atasan sesama divisi, tetapi bisa belajar dari divisi – divisi lain).
  • Do the best you can. Seringkali timbul ketakutan dalam diri tentang respon setelah pekerjaan dilakukan. Praktisi mindfulness Adjie Santosoputro menyarankan untuk tidak terlalu mengkhawatirkan masa depan & berfokus pada masa kini. So do the best you can!
  • Selesaikan akar masalah. Merasa sangat terbebani dengan pekerjaan dan tidak memiliki solusi mengatasinya? Luangkan waktu untuk menyampaikannya kepada atasan. Selesaikan masalah/ganjalan yang mamas rasakan agar pekerjaan selanjutnya dapat diselesaikan. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares