Education

Ajarkan Si Kecil Ketrampilan Hidup Dari Rumah

By  | 

Hi Mams! Mengajarkan ketrampilan hidup yang bermanfaat untuk masa depan bisa dilakukan sejak usia dini (3 tahun) dari rumah, lho.. Berikut daftar kegiatan sederhana yang bisa Anda lakukan bersama.

1. Menyusun peralatan makan di meja. 

Manfaat latihan ini adalah untuk mengasah kemampuan diskriminasi visual, mengasah kemampuan koordinasi mata dan tangan, dan meningkatkan kemampuan motorik halus Si Kecil. Siapkan piring, sendok, garpu, gelas, dan tatakan meja.

Sorted marbles

2. Mengelompokkan bola – bola berdasarkan warna. 

Manfaat latihan ini adalah mengasah kemampuan diskriminasi visual, mengasah kemampuan koordinasi mata dan tangan, serta mengasah kemampuan pincer grasp.

Siapkan wadah dengan bola – bola beragam warna, lalu siapkan beberapa wadah lain serta capitan berkulit karet.

3. Menyiapkan sarapan: Mengoles selai pada roti.

Manfaat latihan ini adalah menguatkan otot – otot tangan dan mengasah pincer grasp, meningkatkan kemampuan untuk mengestimasi dan mengukur, serta melatih koordinasi mata dan tangan.

Siapkan roti dan selai, ajari Si Kecil untuk mengoleskan selai menggunakan pisau tumpul.

Towell helper

4. Mencocokkan dan meggulung kaus kaki, melipat baju.

Manfaat latihan ini adalah meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan, mengasah motorik halus Si Kecil.

Siapkan beberapa kaus kaki yang berbeda warna dan corak untuk dikelompokkan dan digulung dengan rapi, termasuk merapikan dan melipat baju untuk disimpan di dalam lemari.

5. Merawat & menyiram tanaman. 

Manfaat latihan ini adalah mengasah motorik halus Si Kecil, koordinasi mata & tangan, serta meningkatkan kepekaan dan rasa hormat terhadap makhluk hidup dan lingkungan sekitarnya.

Siapkan botol semprotan air, serta tanaman. Disela aktivitas, mamas dapat menjelaskan kepada Si Kecil tentang konsep makhluk hidup dan kecintaan terhadap ciptaan Tuhan. Selamat mencoba! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares