Mind

Smart Mama Story: Tika Ramlan

By  | 

Masih ingat dengan Tika Ramlan, penyanyi sekaligus mantan personel T2 yang populer melalui ajang pemilihan bakat di awal tahun 2000an? Kini, Tika adalah mama dari tiga orang anak, Arkana Uno Raharso, Attala Mada Raharso, dan  Chayra Sabiya Raharso. Seperti kita pada umumnya, Ia juga pernah merasa sangat lelah kok, menjalani peran sebagai seorang mama..

Hi Tika, apa kabar? Bagaimana kabar anak – anak?

Baik, hehe.. Selama satu tahun belakangan ini aku semakin banyak menghabiskan waktu di rumah, baik mengurus anak dan bekerja. Rumah jadi kantor juga, jadi anak – anak selalu dalam pantauan.

Tika & her first born, Uno.

Tika & her first born, Uno.

Sejauh ini, apa tantangan membesarkan mereka di era digital?

Seperti orangtua pada umumnya, aku juga memberikan akses gadget pada mereka, sekaligus memberi batasan. Triknya adalah dengan menyiapkan kesibukan lain, terutama yang berhubungan dengan aktivitas fisik. Mulai dari mengajak berenang, bermain di luar ruang, sebisanya aku selalu padatkan jadwal mereka, supaya waktu dengan gadgetnya tidak terlalu banyak.

Tapi ya, aku juga bukan orangtua sempurna. 1 atau 2 kali pasti pernah loss anak – anak keseringan main gadget. Kalau sudah begini, aku akan lebih sering mengingatkan mereka untuk membatasi karena & menjelaskan dampak negatifnya  untuk kesehatan mata dan tubuh yang kurang bergerak.

 

Bagaimana parenting style Tika & suami selama ini?

Saya menerapkan gaya orangtua terdahulu untuk lebih tegas saat menetapkan aturan & menjelaskan alasannya. Saya pikir, di era sekarang yang katanya anak – anak bebas berekspresi, ketegasan dibutuhkan juga, ya, asalkan bersifat positif. Uno & Atalla masing – masing punya sosok yang ditakuti. Kalau Uno lebih takut sama aku, sementara Atalla dengan papanya. Jadi kalau mereka sudah mulai sulit diajak berkomunikasi, saya dan suami berbagi tugas untuk menjelaskan.

Tika & family

Tika & famil

Pernah nggak, Si Kakak iri dengan adiknya?

Pernah, dong! Saya coba atasi dengan diajak bicara & mengingatkan kembali bahwa usia kakak sudah jauh lebih tua daripada adik.. Sehingga waktu yang saya habiskan dengannya sudah lebih banyak, dan di usia saat ini adik masih butuh bantuan orangtuanya untuk mengerjakan berbagai hal, misalnya mandi atau makan.

Berantem juga kan sering banget. Kalau sudah kesal, saya kadang – kadang malah menantang mereka, “Ayo sini mama tonton kalian berantem 1 lawan 1, siapa yang menang?”. Setelah itu mereka justru merasa malu sudah bertengkar, hehe..

Sebagai mama yang aktif juga bekerja, merasakan titik terlelah dalam menjalani peran ini?

Yes.. Pernah merasa di satu titik, capek juga ya jadi mama. Dari bangun sampai tidur lagi terkadang nggak sempat istirahat sama sekali karena ada saja yang harus dibereskan. Disinilah aku membutuhkan bantuan support system, misalnya suami mengajak untuk refreshing yang sederhana seperti nonton film bareng. Atau aku meluangkan waktu untuk bertemu dengan teman – teman sebagai bagian dari me time. 

Biasanya aku selalu berusaha untuk menyiapkan segala sesuatu untuk anak – anak satu hari sebelumnya, misalnya menu makanan atau perlengkapan sekolah, lumayan membantu meringankan pekerjaan rumah kita, sih.. Mamas bisa terapkan juga di rumah! (Nathalie Indry/KR/Photo: dok. Instagram)

 

Shares