Mind

5 Mindfulness Tips for Mamas

By  | 

Belakangan, #mindfulness menjadi salah satu topik yang sering dibicarakan di seluruh dunia. Konsep ini diyakini dapat membantu menyeimbangkan pikiran bagi siapapun yang melatihnya dalam keseharian. Bagi mama seperti kita yang sibuk dengan aktivitas baik di rumah maupun pekerjaan, praktek mindfulness dapat membantu menjaga “kewarasan”. 

Mom and daughter do yoga together

Apa itu mindfulness?

Mindfulness adalah suatu kondisi kesadaran pada saat ini dengan penuh penerimaan. Mindfulness menekankan pada kesadaran, menjadi sadar sepenuhnya pada hal yang terjadi saat ini & menerima segala hal yang telah terjadi di masa lalu dengan hati yang ikhlas.

Manfaat mindfulness

Mindfulness membantu Anda untuk mensyukuri dan menikmati momen saat ini, tanpa mengingat-ingat kejadian buruk di masa lampau atau kekhawatiran akan masa depan, serta mendapatkan efek relaksasi.

Breath of Fresh Air

Yuk, mulai praktekkan!

Tidak harus bermeditasi dalam jangka waktu yang lama, konsep mindfulness dapat dituangkan dalam aktivitas sederhana setiap hari:

1. Bernafas. Menyadari nafas adalah langkah utama dari praktek ini. Saat Si Kecil sedang tidur atau sekembalinya mamas dari mengantar sekolah, luangkan waktu 5 – 10 menit untuk duduk dengan posisi nyaman dan menutup mata, lalu bernafas dengan “sadar”. Nikmati momen itu. Latihan bernafas dengan penuh kesadaran akan membantu Anda menjadi lebih rileks & tenang.

2. Menikmati alam. Buka jendela, berjalan di atas rumput halaman, berkebun, atau latihan bernafas di kebun halaman rumah akan meningkatkan produksi hormon endorfin & merangsang pikiran menjadi lebih tenang.

Baby Dish Washing

3. Single task, not multitasking. Mindfulness adalah soal fokus. Ada baiknya Anda mencoba berfokus menyelesaikan satu tugas terlebih dahulu sebelum menyelesaikan lainnya.

4. Be present at the moment. Mulai bisa Anda praktekkan saat bermain dengan anak – anak, misalnya. Sering kan, secar fisik bermain bersama mereka, namun pikiran kita melayang entah kemana? Yuk, mulai sekarang latih pikiran untuk fokus & sadar untuk lebih berada di sini.

Calm-App

5. Aplikasi bantuan. “Calm” adalah salah satu contoh aplikasi yang akan memberikan reminder bagi Anda untuk meluangkan waktu rehat bagi tubuh & pikiran. Melalui aplikasi ini, Mamas dapat memanfaatkan tools untuk berlatih bernafas, meditasi, hingga mendengarkan insights praktek mindfulness dari para pakar. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares